Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

4 Pinjaman Bank BCA Untuk Usaha Kecil 2021

Pinjaman Bank BCA Untuk Usaha Kecil

Pinjaman Bank BCA Untuk Usaha Kecil – memberikan ulasan mengenai layanan pinjaman Bank BCA teruntuk pelaku bisnis berskala UMKM. Dimana para pemilik tersebut dapat menggunakan bisnis miliknya menjadi agunan utama dalam pinjaman Bank BCA.

Perbankan Indonesia telah menyediakan pelayanan pinjaman usaha dengan berbagai bentuk, tujuan serta ketentuan khusus, termasuk bank swasta ternama yakni BCA. Artinya baik pemilik usaha berskala besar maupun kecil sudah dapat mengajukan pinjaman modal ke BCA.

Sektor usaha kecil sendiri sedang menjadi salah satu fokus pemerintah dalam upaya meningkatkan ekonomi rakyat. Dimana pihak Bank BCA turut merealisasikan upaya tersebut melalui penyediaan pelayanan khusus untuk pemilik bisnis mikro, kecil serta retail.

Pada kesempatan ini, Mastermanifestors hendak memberi penjelasan mengenai layanan pinjaman Bank BCA khusus untuk pelaku usaha kecil UMKM. Jika Anda ingin mengetahui ulasan lengkap mengenai pinjaman Bank BCA UMKM tersebut, silakan simak langsung bahasan berikut ini.

Jenis Pinjaman BCA Untuk Usaha Kecil

Jenis Pinjaman BCA Untuk Usaha Kecil

Ulasan kali ini akan penulis awali dengan penjelasan mengenai jenis pinjaman BCA untuk usaha kecil. Dimana sekarang ini pihak Bank BCA menawarkan setidaknya 4 (empat) jenis pinjaman modal usaha skala kecil, yaitu:

1. Pinjaman KUR Super Mikro BCA

Pinjaman KUR super mikro merupakan jenis pinjaman modal paling kecil dari BCA, yakni dengan nilai plafon maksimal Rp. 10.000.000 serta jangka waktu angsuran antara 3-5 tahun. Pinjaman Bank BCA jenis ini sangat cocok digunakan oleh pedagang pasar karena tenor cicilannya lama dan tak membutuhkan jaminan terlalu besar (BPKB).

2. Pinjaman KUR Mikro BCA

Tak berbeda terlalu jauh dari jenis di atas, pinjaman KUR mikro BCA menyediakan plafon pinjaman mulai dari nominal Rp. 10.000.000 – Rp. 50.000.000. Sedangkan untuk urusan tenor atau jangka waktu angsuran, KUR mikro Bank BCA juga menyediakan cicilan selama 3-5 tahun. Anda dapat menggunakan kios tempat berdagang sebagai jaminan pinjaman Bank BCA jenis mikro ini.

3. Pinjaman KUR Kecil BCA

Jenis selanjutnya adalah pinjaman KUR kecil BCA, yaitu pinjaman usaha dengan nilai plafon mulai dari Rp. 50.000.000 hingga Rp. 500.000.000 serta tenor angsuran 4-5 tahun. Bila hendak mengajukan pinjaman Bank BCA jenis ini, Anda harus menyediakan agunan tambahan berupa sertifikat tanah ataupun rumah (SHM/SHGB).

4. Pinjaman KUR Khusus BCA

Pinjaman Bank BCA terakhir adalah KUR khusus, yaitu pinjaman bagi para pengusaha sektor perkebunan, perikanan, serta peternakan. Dimana pemohon pinjaman khusus Bank BCA ini adalah sebuah kelompok usaha dan bukan pemilik usaha perseorangan. Pinjaman KUR khusus Bank BCA sendiri menyediakan limit plafon hingga Rp. 500.000.000 serta tenor cicilan selama 4-5 tahun.

Bunga Pinjaman BCA Usaha Kecil

Bunga Pinjaman BCA Usaha Kecil

Berikutnya penulis akan membahas mengenai besaran bunga serta biaya pinjaman Bank BCA untuk usaha skala kecil. Dimana peraturan Bank BCA terkait besarnya bunga serta biaya pinjaman di atas bisa disimak pada tabel berikut.

Bunga / BiayaSuper MikroMikroKecilKhusus
Bunga Pinjaman6% Per Tahun6% Per Tahun6% Per Tahun6% Per Tahun
Biaya Provisi
Biaya Administrasi
Biaya Denda PembayaranSesuai Ketentuan Sesuai Ketentuan Sesuai Ketentuan Sesuai Ketentuan
Biaya Lainnya* Sesuai Ketentuan Sesuai Ketentuan

Keterangan:
(*) Biaya Lainnya : Notaris, Appraisal, Asuransi, dll.

Berdasar tabel di atas bisa diketahui bahwa pinjaman BCA usaha kecil tidak dibebani dengan bunga serta biaya besar, terutama karena biaya provisi dan administrasi pinjaman benar-benar gratis. Sedangkan pada Pinjaman BRI 50 Juta masih membebani biaya admin.

Syarat Pinjaman BCA

Syarat Pinjaman BCA

Jika Anda berminat untuk mengajukan pinjaman usaha kecil dari BCA untuk modal usaha, maka tentu membutuhkan info syarat pengajuan. Maka di sini penulis juga akan membagikan informasi mengenai syarat pinjaman Bank BCA bagi usaha kecil yang diantaranya adalah:

  • Pemohon pinjaman merupakan WNI dalam rentang usia 21-55 tahun.
  • Sudah mempunyai usaha ketika pengajuan (minimal telah berjalan selama 6 bulan).
  • Usaha telah memiliki izin SKU/SIUP/NIB.
  • Wajib mempunyai NPWP untuk pengajuan >Rp. 50.000.000.
  • Tidak sedang menerima pinjaman dari bank lain.
  • Lolos BI Checking & tidak dalam daftar hitam BI.

Selain syarat di atas, Anda perlu mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan apabila akan mengajukan pinjaman BCA. Berkas atau dokumen persyaratan pinjaman BCA usaha kecil diantaranya adalah:

  • Formulir pengajuan pinjaman BCA.
  • Dokumen pribadi
    • Copy KTP pemohon & pasangan.
    • Copy Kartu Keluarga (KK).
    • Pas Foto pemohon & pasangan (4×6 2 lembar).
  • Copy NPWP (bila dibutuhkan).
  • Copy Rekening tabungan terbaru (3 bulan terakhir).
  • Surat keterangan penghasilan.
  • Copy SKU/SIUP/NIB/Izin Praktek.
  • Jaminan tambahan sertifikat SHM/SHGB atau BPKB+STNK kendaraan (bila dibutuhkan).

Dari bahasan di atas bisa dilihat bahwa syarat pengajuan pinjaman BCA untuk usaha cukup berbeda dari Pinjaman KTA BCA Online Langsung Cair.

Tabel Angsuran Pinjaman BCA Usaha Kecil

Agar Anda mendapat gambaran lebih lengkap terkait pinjaman Bank BCA untuk usaha kecil, di sini penulis juga akan membagikan tabel angsuran bulanannya. Berikut adalah beberapa tabel angsuran pinjaman Bank BCA untuk bisnis kecil.

Tabel Angsuran Usaha Kecil 1
Tabel Angsuran Usaha Kecil 2
Tabel Angsuran Pinjaman Usaha Kecil 3
Tabel Angsuran Pinjaman Usaha Kecil 4

Seluruh ketentuan pinjaman Bank BCA untuk usaha kecil di atas bisa berubah sewaktu-waktu apabila ada peraturan baru dari pihak BCA.

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Bank BCA

Kelebihan dan Kekurangan Pinjaman Bank BCA

Sebelum mengakhiri pembahasan, izinkan penulis untuk memberikan daftar kelebihan dan kekurangan pinjaman Bank BCA. Dimana data kelebihan serta kekurangan pinjaman usaha kecil BCA bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi tambahan.

Kelebihan

  • Plafon pinjaman besar.
  • Biaya provisi & administrasi pinjaman ringan (gratis).
  • Bunga pinjaman termasuk kecil.
  • Jenis pinjaman beragam.

Kekurangan

  • Belum menyediakan pinjaman modal usaha awal.
  • Masih ada ketentuan biaya notaris dll pada beberapa jenis pinjaman.

Call Center Bank BCA

Call Center Bank BCA

Apabila masih ada yang ingin ditanyakan terkait layanan pinjaman Bank BCA untuk usaha kecil, maka bisa ditanyakan secara langsung pada pihak terkait melalui call center (customer service). Di bawah ini adalah beberapa kontak call center Bank BCA yang tersedia serta dapat dihubungi langsung.

  • Nomor Telepon : 1500888
  • Whatsapp (chat) : 08111500998
  • Email : halobca@bca.co.id
  • Twitter : @BankBCA
  • Facebook : @BankBCA
  • Line : BankBCA (VIRA)

Akhir Kata

Itulah penjelasan mengenai pinjaman Bank BCA untuk pemilik usaha kecil beserta ulasan terkait jenis, syarat, bunga dan biaya pelayanannya. Setelah membaca pembahasan di atas, apakah Anda menjadi semakin berminat untuk pinjam uang di Bank BCA atau justru tidak jadi meminjam? Silakan berikan komentar di kolom tersedia.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *