Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Cara KUR Mandiri

Cara Kur Mandiri

Cara KUR Mandiri – memberikan penjelasan mengenai proses mengajukan kredit usaha ke pihak bank melalui sistem online maupun offline. Dimana pengajuan KUR Mandiri online bisa dilakukan melalui aplikasi Mandiri Pintar.

Kredit Usaha Rakyat Mandiri merupakan sebuah upaya untuk memajukan sektor ekonomi UMKM di Indonesia. Dimana bank Mandiri akan memberikan modal pada pelaku usaha yang memenuhi persyaratan.

Pinjaman modal usaha Mandiri bisa didapatkan apabila Anda melakukan pengajuan. Bila bank Mandiri menilai usaha memenuhi syarat maka kemungkinan besar pengajuan pemodalan usaha tersebut akan di acc.

Di sini mastermanifestors akan membahas mengenai cara mengajukan KUR Mandiri lewat aplikasi serta kantor cabang. Selain itu cara agar KUR tersebut di acc juga akan diulas secara tuntas.

Persyaratan Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri

Persyaratan Kredit Usaha Rakyat Bank Mandiri

Sebelum mengulas mengenai cara mendaftarkan KUR, Anda perlu tahu persyaratannya terlebih dulu. Berikut adalah beberapa persyaratan dari pihak Mandiri agar pelaku usaha bisa memperoleh pinjaman dana.

  • Calon nasabah telah memasuki rentang usia antara 21-60 tahun.
  • Calon nasabah mengajukan bisnis miliknya sendiri (perorangan/kelompok).
  • Bisnis yang diajukan sudah beroperasi setidaknya 6 bulan.
  • Tidak mempunyai kredit ke bank selain Mandiri.
  • Bila memiliki kredit jenis lain di Mandiri, status cicilannya harus Lancar.
  • Pemohon tidak sedang di blacklist (daftar hitam) oleh Bank Indonesia.

Persyaratan di atas wajib dipenuhi agar pebisnis dapat mengajukan KUR. Apabila sudah dipenuhi selanjutnya Anda perlu menyiapkan dokumen syarat KUR Mandiri secara lengkap, setelah itu ajukanlah melalui kantor cabang Mandiri terdekat.

Cara KUR Mandiri

Cara utama untuk membuat pengajuan kredit usaha Mandiri yaitu melalui kantor cabang (offline). Cara offline digunakan sebagai cara utama karena sederhana serta efektif. Dimana langkah lengkap untuk melakukannya adalah:

1. Kunjungilah Kantor Cabang Mandiri Terdekat

1 Kunjungilah Kantor Cabang Mandiri Terdekat

Pertama pergilah ke salah satu kantor cabang Mandiri, pilihlah kantor terdekat agar efisien.

2. Datangi Customer Service (CS) Mandiri

2 Datangi Customer Service Cs Mandiri

Selanjutnya langsung saja pergi ke bagian customer service, lalu berilah CS informasi bahwa Anda ingin mengajukan KUR.

3. Verifikasi Dokumen Syarat KUR Mandiri

3 Verifikasi Dokumen Syarat Kur Mandiri

Kemudian CS Mandiri akan melakukan verifikasi atau pemeriksaan terhadap kelengkapan dokumen. Berilah semua dokumen utama (data pribadi & data usaha) serta dokumen penunjang seperti surat jaminan.

4. Isilah Formulir Pengajuan Kredit Usaha Rakyat Mandiri

4 Isilah Formulir Pengajuan Kredit Usaha Rakyat

Apabila dokumen syarat telah diverifikasi (tidak ada berkas terlewatkan), Anda akan diminta untuk mengisi formulir pengajuan Kredit Usaha Rakyat Mandiri. Isilah secara sungguh-sungguh berdasarkan data nyata.

5. Pengajuan KUR Berhasil

5 Pengajuan Berhasil

Jika semua dokumen beserta formulir sudah diterima oleh pihak Mandiri artinya proses mengajukan KUR berhasil, sisanya hanya tinggal menunggu proses survey serta hasil analisis apakah di acc atau tidak.

Cara KUR Mandiri Online Melalui Aplikasi Mandiri Pintar?

Untuk sementara ini pengajuan permodalan bisnis melalui Mandiri Pintar belum dapat dilakukan karena aplikasinya masih belum dirilis. Jika Anda menginginkan informasi tambahan seputar Mandiri Pintar silakan langsung hubungi call center Mandiri.

Cara Supaya KUR Mandiri di Acc

Cara Supaya Kredit Usaha Rakyat Di Acc

Meski proses pengajuan kredit mengikuti ketentuan dari pihak Mandiri, namun ada beberapa cara agar KUR bisa disetujui, yaitu:

  • Berkas Pengajuan Asli
    Mandiri akan melakukan validasi keaslian berkas setelah pengajuan berhasil. Apabila terdapat berkas dengan legalitas palsu maka KUR pasti ditolak.
  • Kondisi Bisnis
    Pastikan bahwa kondisi bisnis sedang menunjukkan kemajuan. Artinya bila usaha mengalami kerugian dalam bulan-bulan terakhir jangan ajukan KUR terlebih dulu.
  • Ajukan KUR Sesuai Kemampuan
    Salah satu penentu terbesar diterima atau tidaknya pengajuan KUR adalah besarnya pinjaman dengan kemampuan pemohon, maka pastikan bahwa besar pendapatan per bulan bisa menutupi besarnya angsuran KUR.

Cara Menghitung KUR Mandiri Manual & Otomatis

Cara Menghitung Manual Otomatis

Menghitung besar angsuran per bulan apabila KUR bisa dilakukan lewat cara manual maupun otomatis. Untuk proses manual bisa menggunakan rumus, sedangkan cara otomatis melalui aplikasi Android.

Menghitung Angsuran KUR Manual

Perhitungan cicilan pinjaman milik Mandiri bisa dilakukan menggunakan rumus berikut.

Rumus Manual Angsuran Kur Mandiri

Contoh:

Pinjaman : Rp. 72.000.000.
Jangka Waktu : 3 tahun = 36 bulan.
Bunga KUR Mandiri setelah mendapatkan restrukturisasi : Bunga efektif 6% per tahun = 0,5% per bulan.

Sehingga cicilannya adalah:

Contoh Perhitungan Cicilan Kur Mandiri

Mengapa saldo pinjaman KUR berkurang 2.000.000 setiap bulan? Karena dikurangi besarnya cicilan pokok.

Menghitung Angsuran KUR Otomatis

Untuk melakukan perhitungan cicilan KUR Mandiri secara otomatis, Anda perlu aplikasi Android. Langsung saja cari aplikasinya dengan kata kunci Kalkulator KUR. Di bawah ini adalah salah satu contoh aplikasi tersebut.

Kalkulator Kur Mandiri

FAQ

1. Berapa besar biaya administrasi pengajuan KUR Mandiri?

Biaya administrasi pengajuan awal adalah Rp. 500.000 ditambah dengan biaya materai sebesar Rp. 10.000, sedangkan biaya lain akan ditentukan saat pengajuan diterima.

2. Berapa lama proses pencairan KUR Mandiri?

Apabila proses dihitung setelah dinyatakan disetujui atau di acc maka dana pinjaman akan cair dalam waktu sekitar satu hari.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mastermanifestors terkait proses mengajukan pinjaman modal usaha kepada bank Mandiri. Semoga dapat memeberikan pencerahan mengenai proses permodalan bisnis Anda. Selamat mencoba.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *