Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Cara Kerja Mitra TaniFund

Cara Kerja Mitra TaniFund

Cara Kerja Mitra TaniFund – akan memberikan penjelasan secara terperinci mengenai bagaimana proses pembiayaan dana modal dari pemberi ke pemohon pinjaman Tanifund, baik kalangan petani maupun peternak. Dimana pendanaan di TaniFund memiliki cara atau proses yang cukup berbeda serta unik.

Modal seringkali menjadi sebuah hambatan bagi para pemilik bisnis di bidang pertanian dan peternakan dengan skala mikro. Hal ini terjadi karena kredit dari perbankan di Indonesia kurang memperhatikan secara seksama kepada para nasabah berstatus pekerjaan tersebut.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, pemanfaatan internet sebagai media untuk mempromosikan usaha mikro milik para petani maupun peternak dapat dilakukan dengan mudah. Di Indonesia, salah satu platform penyedia layanan itu bernama TaniFund.

Pada kesempatan kali ini, Mastermanifestors akan memberikan penjelasan mengenai cara kerja mitra TaniFund apabila dilihat dari sudut pandang para pemohon bantuan modal. Untuk mengetahui selengkapnya seputar bagaimana cara TaniFund bekerja silakan simak langsung ulasan berikut ini.

Apa Itu TaniFund

Apa Itu TaniFund

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara kerjanya, penulis akan terlebih dulu memberikan ulasan mengenai apa itu TaniFund dari sudut pandang mitra. Dimana TaniFund mempunyai pengertian umum sebagai platform atau tempat pemohon dana (mitra) kepada para calon investor.

Artinya jika Anda memiliki pekerjaan sebagai seorang petani ataupun peternak, maka dapat mengajukan usaha untuk diberi modal oleh para investor. Para mitra TaniFund sendiri juga telah disediakan tempat untuk memasarkan serta menjual hasil, yakni melalui TaniHub.

Mitra TaniFund sendiri dapat diajukan pengguna baik oleh individu maupun kelompok usaha tergantung jenis mitra. Jika mitra merupakan sebuah kelompok maka pemilik akun mitra akan bertanggungjawab atas proses pengelolaan bisnis.

Jenis Mitra TaniFund

Jenis Mitra TaniFund

Berikutnya penulis akan memberikan penjelasan mengenai jenis mitra yang tersedia di TaniFund. Dimana ketentuan dari pihak TaniFund menggolongkan jenis mitra menjadi 3 (tiga), yaitu:

1. Mitra Budidaya TaniFund

Mitra Budidaya TaniFund merupakan sebuah program kemitraan kepada sebuah kelompok usaha pertanian serta peternakan. Dimana besaran plafon kredit maksimal untuk mitra budidaya TaniFund sebesar Rp. 2.000.000.000.

2. Mitra PUFP TaniFund

Mitra Pengembangan Usaha dan Faktur Penjualan (PUFP) adalah program mitra TaniFund bagi para pengusaha penyalur hasil industri pangan, budidaya dan agrikultur. Seorang pemilik bisnis PUFP bisa mendapatkan modal pinjaman hingga nominal Rp. 2.000.000.000.

3. Mitra Usaha Mikro TaniFund

Mitra usaha mikro merupakan jenis program TaniFund bagi para pemilik bisnis mikro dalam bidang industri pangan serta hasil budidaya. Dimana besarnya plafon pinjaman bagi mitra UM TaniFund adalah sebesar Rp. 3.000.000.

Cara Kerja Mitra TaniFund

Cara Kerja Mitra TaniFund V2

Setelah memahami penjelasan di atas, selanjutnya Anda juga perlu mengetahui informasi mengenai cara kerja mitra TaniFund. Dimana bila digambarkan secara umum, maka proses kerja mitra TaniFund dapat dituliskan dalam beberapa langkah seperti berikut.

  1. Pengguna mendaftarkan diri menjadi Mitra TaniFund.
  2. Mitra TaniFund menyediakan data diri, bisnis serta penanggung jawab.
  3. Mitra TaniFund mengajukan proyek secara rinci (jadwal, tenor hingga komisi).
  4. Mitra menunggu para investor memberikan dana dalam jangka waktu tertentu.
  5. Setelah uang pendanaan terkumpul, mitra TaniFund mulai melakukan proyek sesuai jadwal.
  6. Apabila proyek selesai, maka mitra TaniFund akan mengembalikan dana pinjaman beserta bunga.

Mitra TaniFund dapat mengajukan beberapa proyek, kecuali mitra UM.

Persyaratan Mitra TaniFund

Persyaratan Mitra TaniFund

Selanjutnya, disamping cara kerja mitra TaniFund Anda tentunya membutuhkan informasi mengenai persyaratan untuk menjadi seorang mitra TaniFund. Dimana berdasarkan informasi dari pihak TaniFund, syarat untuk menjadi seorang mitra diantaranya adalah:

  • Memiliki bisnis di bidang terkait.
  • Usaha telah berjalan setidaknya selama 1 tahun.
  • Mempunyai data keuangan bisnis yang positif.
  • Wajib dalam bentuk kelompok usaha (khusus mitra budidaya).
  • Bersedia memberikan dokumen :
    • KTP pemohon & pasangan.
    • KK (Kartu Keluarga).
    • NPWP pribadi.

Khusus mitra budidaya TaniFund wajib memberikan dokumen seluruh anggota.

Kelebihan dan Kekurangan Mitra TaniFund

Kelebihan dan Kekurangan Mitra TaniFund

Supaya Anda lebih mendapatkan kejelasan mengenai layanan mitra TaniFund, di sini penulis akan memberikan data kelebihan serta kekurangan mitra TaniFund. Dimana info kelebihan dan kekurangan mitra TaniFund diantaranya yakni:

Kelebihan

  • Plafon pinjaman tergolong besar.
  • Fokus pada budidaya & pelaku usaha terkait makanan/minuman.
  • Pengembalian dana pinjaman melalui proses cicilan.
  • Terhubung dengan TaniHub.

Kekurangan

  • Syaratnya cukup rumit.
  • Proses verifikasi kelayakan bisnis memakan waktu lama.

Call Center TaniFund

Call Center TaniFund

Apabila masih ada pertanyaan seputar cara kerja mitra TaniFund, Anda dapat bertanya kepada pihak perusahaan lewat layanan call center. Dimana kontak call center TaniFund yang tersedia untuk dihubungi pada jam kerja adalah:

  • Nomor Telepon : 150500
  • Email : info@tanifund.com
  • Facebook : @tanifund
  • Twitter : @tanifund
  • Instagram : @tanifund

Akhir Kata

Demikian bahasan Mastermanifestors mengenai cara kerja mitra TaniFund beserta beberapa perihal penting terkait. Bisa dikatakan bahwa cara kerja TaniFund memberikan kesempatan lebih bagi para petani, peternak serta pihak-pihak dalam lingkup budidaya untuk mengembangkan usahanya.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *