Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

√ Penyalahgunaan Kartu ATM BNI & 4 Cara Mengatasinya

Penyalahgunaan Kartu ATM BNI

Penyalahgunaan Kartu ATM BNI – menjelaskan mengenai permasalahan pemakaian kartu debit dari BNI yakni tidak bisa dipakai bertransaksi di mesin ATM. Dimana belum lama ini muncul peringatan masalah kartu BNI dengan tulisan penyalahgunaan kartu.

Penggunaan kartu ATM untuk bertransaksi seperti transfer, cek saldo ATM hingga pembayaran kebutuhan bulanan telah dilakukan oleh pengguna ATM dari seluruh bank termasuk BNI. Dimana transaksi tersebut harus sesuai dengan ketentuan BNI agar tidak menjadi penyalahgunaan kartu ATM BNI.

Penyalahgunaan kartu ATM memang jarang sekali terjadi apabila dilakukan oleh pemilik ATM itu sendiri. Tapi belum lama ini, beberapa pengguna ATM BNI mengaku mendapati dirinya mendapatkan tampilan masalah di ATM dengan tulisan penyalahgunaan kartu ATM BNI.

Untuk itu, kali ini Mastermanifestors hendak memberikan penjelasan mengenai permasalahan kartu debit BNI terkini yaitu penyalahgunaan kartu ATM BNI, mulai dari sebab hingga cara mengatasinya. Silakan simak uraian lengkap terkait penyalahgunaan kartu BNI pada pembahasan di bawah ini.

Apa Itu Penyalahgunaan Kartu ATM

Sebelum mengetahui gambaran mengenai penyebab serta cara mengatasinya, sebaiknya Anda memahami lebih dulu seputar pengertian atau apa maksud notifikasi penyalahgunaan kartu ATM itu. Dimana berdasarkan ketentuan pihak BNI, penyalahgunaan kartu adalah kondisi ketika adanya perbedaan data kartu dengan server pusat.

Beberapa sumber yang umumnya menjadi sumber perbedaan data kartu dengan server pusat BNI diantaranya yaitu :

  • Kondisi aktif & terblokirnya kartu ATM
  • Tanggal aktif kartu ATM
  • Sistem pembacaan kartu di mesin ATM (chip & magnetik)
  • Terganggunya server karena perbaikan & maintenance

Penyebab Penyalahgunaan Kartu ATM BNI

Seperti telah disinggung di atas bahwa penyalahgunaan kartu BNI dapat disebabkan oleh berbagai hal. Maka dari itu, penulis hendak memberi penjelasan lebih lanjut mengenai sebab munculnya tulisan penyalahgunaan kartu BNI.

1. Kartu ATM BNI Belum Memakai Chip

Penyalahgunaan kartu ATM menjadi salah satu permasalahan yang cukup jarang muncul pada pengguna ATM Bank Negara Indonesia. Belum lama ini, tepatnya semenjak awal bulan Desember, banyak nasabah BNI menyatakan bahwa dirinya mendapatkan tampilan penyalahgunaan kartu ketika transaksi.

Baca  8 Biaya Buka Rekening BRI : Tabungan, Deposito & Giro 2022

Hal itu sebenarnya muncul karena adanya peraturan terbaru dari pihak Bank Indonesia yakni terkait kartu ATM chip. Dimana kartu ATM jenis lama dengan model strip magnetik tak dapat digunakan sehingga setiap nasabah perbankan terutama bank BUMN wajib beralih ke kartu ATM chip.

2. Kartu ATM BNI Terblokir

Sebab kedua munculnya notifikasi penyalahgunaan kartu adalah kartu BNI Anda terblokir. Kartu ATM terblokir sendiri memiliki berbagai sebab seperti salah PIN ATM ataupun sudah lama tidak digunakan untuk melakukan transaksi. Jika kartu BNI sudah terblokir maka sangat mungkin muncul tampilan penyalahgunaan.

3. Kartu ATM BNI Expired

Setiap pengguna kartu ATM BNI tentunya tahu bahwa kartu miliknya mempunyai jangka waktu pakai atau tanggal validnya. Ketika kartu ATM BNI telah melampaui tanggal valid thru tersebut maka secara otomatis server BNI akan menganggap kartu telah expired (kedaluwarsa).

4. Gangguan Jaringan ATM BNI

Penyebab terakhir penyalahgunaan kartu ATM adalah adanya gangguan pada jaringan server perbankan. Artinya jika kartu ATM BNI sudah memakai chip, tidak sedang terblokir dan juga belum kedaluwarsa, maka munculnya tampilan penyalahgunaan kartu ATM BNI disebabkan karena ada gangguan pada jaringan BNI.

Cara Mengatasi Penyalahgunaan Kartu ATM BNI

Setelah memahami tentang sebab munculnya masalah penyalahgunaan kartu BNI, selanjutnya Anda perlu mengetahui tentang cara mengatasinya. Dimana cara mengatasi penyalahgunaan kartu ATM BNI diantaranya sebagai berikut.

1. Ganti Kartu ATM BNI Menjadi Chip

Jika kartu ATM BNI Anda masih jenis lama atau belum menggunakan chip maka tentu saja cara mengatasinya adalah dengan mengganti kartu ATM BNI. Ganti kartu ATM BNI jenis lama (magnetik) menjadi chip dapat dilakukan di seluruh kantor cabang BNI melalui customer service ataupun di CS Digital BNI (hanya beberapa kantor saja).

Jika masih bingung membedakan kartu ATM BNI jenis magnetik dengan chip, silakan lihat gambar contoh kartu debit BNI dengan chip di bawah ini.

Contoh Gambar Kartu Debit ATM BNI Chip

2. Buka Pemblokiran Kartu ATM

Bila masalah penyalahgunaan muncul dikarenakan kartu debit BNI terblokir artinya cara mengatasinya adalah dengan membuka status pemblokiran kartu. Untuk melakukan proses buka pemblokiran kartu ATM BNI silakan pilih layanan seperti call center ataupun customer service kantor cabang BNI terdekat. Nantinya setelah status blokir kartu ATM BNI sudah dicabut maka transaksi di ATM tidak lagi memunculkan tulisan penyalahgunaan kartu.

Baca  Berapa Potongan ATM BRI Per Bulan ? Simak 6 Ketentuan 2022

3. Buat Kartu ATM BNI Baru

Jika masalah disebabkan karena kartu ATM BNI sudah melewati masa aktifnya atau kartu ATM BNI expired, silakan atasi dengan membuat kartu ATM BNI baru. Maksud dari buat baru di sini adalah membuat kartu debit fisiknya saja namun rekeningnya masih tetaplah sama. Jadi tidak perlu lagi melakukan pembuatan rekening seperti pertama kali membuat kartu ATM.

4. Menunggu Jaringan ATM BNI Normal

Cara mengatasi penyalahgunaan kartu ATM BNI terakhir jika ternyata masalahnya adalah jaringan, cobalah melakukan transaksi di mesin ATM lain untuk mengecek apakah hanya jaringan di mesin ATM sebelumnya saja yang mengalami gangguan jaringan atau tidak.

Jika sudah mencoba berganti mesin ATM tapi masih muncul penyalahgunaan kartu BNI artinya gangguan terjadi secara menyeluruh. Bila sudah seperti itu, maka solusinya adalah menunggu sampai jaringan ATM BNI berjalan normal seperti biasa.

Call Center BNI

Bila setelah menggunakan cara di atas namun masih muncul penyalahgunaan kartu ATM maka silakan bertanya pada pihak BNI untuk mendapatkan solusinya. Dimana call center BNI yang dapat dihubungi untuk mendapatkan solusi masalah kartu ATM diantaranya yakni :

  • Nomor Telepon BNI : 150046 & 021-30500046
  • Email : bnicall@bni.co.id
  • Twitter : @BNICustomerCare
  • Facebook : @BNI

FAQ Penyalahgunaan Kartu ATM

Apa penyalahgunaan kartu hanya terjadi pada kartu BNI?

Tidak. Semua pengguna kartu ATM perbankan BUMN seperti Mandiri, BRI, BSI, BTN juga bisa mengalami penyalahgunaan kartu.

Apa ganti kartu ATM BNI ke chip untuk mengatasi tulisan penyalahgunaan akan dikenai biaya?

Tidak. Pergantian kartu ATM BNI lama ke chip tidak dikenai biaya apapun.

Akhir Kata

Demikian ulasan Mastermanifestors tentang permasalahan tulisan penyalahgunaan kartu ATM BNI mulai dari penyebab hingga tata cara mengatasi masalah tersebut. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penyalahgunaan kartu ATM yang paling umum terjadi saat ini dikarenakan oleh kebijakan BI terbaru terkait kartu ATM chip. Semoga bahasan di atas mampu menjadi referensi utama seluruh nasabah BNI serta bank BUMN lainnya.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.