Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Pinjaman Amartha (Syarat, Bunga & Tabel Angsuran) 2022

PINJAMAN AMARTHA

Pinjaman Amartha – Kebutuhan harian maupun usaha memang terkadang menjadi salah satu pertimbangan dalam mengelola keuangan. Namun Amartha nampaknya memiliki solusi akan hal masalah tersebut.

Bicara soal pinjaman, pastinya kita semua sudah mengetahui jika di era ini sudah banyak lembaga yang menawarkannya bagi masyarakat. Salah satunya adalah Pinjaman Amartha yang membawa banyak penawaran untuk Anda.

Namun, beberapa produk Pinjaman Amartha ini nampaknya masih belum terdengar di ranah publik. Maka dari itu jangan heran jika masih sedikit nasabah yang berminat melakukan pinjaman di lembaga tersebut.

Agar dapat membantu Anda dalam menghadapi masalah keuangan yang dialami, maka Mastermanifestors akan bahas Pinjaman Amartha secara lengkap. Jadi jangan sampai lewatkan semua poin penting pembahasannya.

Apa Itu Pinjaman Amartha

Apa Itu Pinjaman Amartha

Amartha merupakan sebuah perusahaan P2P (Peer-to-Peer Lending) online yang hadir untuk membantu masyarakat dalam urusan permodalan usaha skala kecil mikro. Nantinya permodalan tersebut akan dianggap sebagai pinjaman berkelompok (tanggung renteng).

Karena masuk dalam pinjaman berkelompok, maka nasabah wajib melakukan serangkaian prosedur selama periode berlangsung. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena semua prosedur tersebut akan dibina langsung oleh pihak Amartha.

Produk P2P Amartha

Sebagai salah satu perusahaan P2P, Amartha memiliki produk yang mampu mempertemukan pihak pemberi modal dan penerima modal usaha. Jadi produk ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Berikut beberapa produk yang dimiliki oleh Amartha.

1. Pendanaan

Dalam produk ini, nantinya Anda akan berperan sebagai pemberi modal usaha bagi beberapa orang yang membutuhkan. Pihak pemodal akan mendapatkan imbal hasil setidaknya 15% flat per tahun. Mulai dari Rp. 100.000,00 produk ini bisa diikuti.

2. Pinjaman

Hasil dari produk pendanaan ini nantinya akan disalurkan langsung dan dikelola dalam produk Pinjaman. Modal yang diberikan akan langsung diberikan pada orang-orang yang membutuhkan untuk membangun sebuah usaha.

Syarat Pengajuan Pinjaman Amartha

Syarat Pengajuan Pinjaman Amartha

Dalam proses pengajuannya, Amartha memberikan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pihak pemohon bantuan permodalan. Semua syarat ini terdiri dari persyaratan umum dan juga dokumen guna melengkapi data pinjaman.

Baca  √ Apa Itu Kredit Pintar : Syarat, Limit, Tenor & Metode Pembayaran 2022

Berikut beberapa syarat dalam pengajuan pinjaman Amartha.

  • Pihak pemohon merupakan perempuan.
  • Sudah atau memiliki keinginan untuk membuka sebuah usaha.
  • Pihak pemohon pinjaman harus merupakan sebuah kelompok dengan 15 – 20 anggota.
  • Menunjuk satu orang perwakilan sebagai ketua.
  • Melengkapi dokumen data diri seperti E-KTP aktif dan dokumen pendukung lainnya untuk masing-masing anggota.
  • Bersedia mengikuti pelatihan wajib dari Amartha secara berkelompok.
  • Menghadiri pertemuan kelompok mingguan.
  • Diutamakan bagi calon debitur dengan keterbatasan akses ke lembaga keuangan (pedesaan).
  • Debitur berdomisili di beberapa wilayah operasional Amartha, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Banten.

Ketentuan Pengajuan

Selain syarat, ada pula beberapa ketentuan yang wajib dipatuhi oleh semua pihak pemohon yang mengajukan di Amartha. Tentunya ketentuan ini mengikat dan harus diketahui oleh seluruh kelompok yang melakukan pinjaman.

Berikut beberapa ketentuan dalam pengajuan pinjaman Amartha.

1. Plafon Pinjaman

Amartha menyediakan plafon untuk bantuan modal usaha mulai dari Rp. 3.000.000,00. Bahkan plafon pinjaman bisa meningkat jika pelunasan dilakukan lancar tanpa ada keterlambatan apapun.

Adapun nantinya pinjaman juga akan disesuaikan kembali dengan skor dan kredit masing-masing nasabah.

2. Tenor Pinjaman

Amartha menyediakan tenor mulai dari 3, 6, hingga 12 bulan bagi setiap kelompok yang mengikuti program tersebut. Atau jika ditotal setidaknya tenor akan diberlakukan hingga maksimal 50 Minggu.

3. Bunga Pinjaman Amartha

Amartha menyediakan bunga sebesar 10% hingga 12% per tahunnya. Atau jika dihitung dalam bulanan, maka setidaknya per bulan akan ada bunga pinjaman sebesar 1% saja. Persentase yang sangat ringan untuk sebuah bunga pinjaman.

4. Biaya Pinjaman

Amartha memiliki ketentuan biaya sebesar 1,5% dari total bantuan permodalan yang diterima. Jika Anda meminjam senilai Rp. 3.000.000,00 maka akan ada biaya sebesar Rp. 45.000,00 jika menerapkan kebijakan tersebut.

5. Sanksi Gagal Bayar Amartha

Apabila Anda mengalami gagal bayar selama menggunakan produk dari Amartha, maka anggota lainnya wajib melakukan backup pelunasan (tanggung renteng) guna menyelesaikannya. Jadi pastikan jika seluruh anggota mampu melunasi pinjaman.

Cara Pengajuan Pinjaman Amartha

Cara Pengajuan Pinjaman Amartha

Apabila seluruh syarat dan ketentuan di atas sudah dipahami, maka perlu diketahui juga cara melakukan pengajuan pinjaman. Prosedur pengajuan pinjaman ini akan dilakukan berdasarkan beberapa pembahasan di atas.

Berikut langkah-langkah pada cara pengajuan pinjaman Amartha.

  • Silahkan kumpulkan terlebih dahulu anggota yang akan mengikuti program dari Amartha.
  • Kemudian hubungi petugas lapangan melalui call center masing-masing wilayah (cek di bawah).
  • Nantinya akan ada petugas dari Amartha yang mendatangi kelompok untuk survey.
  • Survey tersebut berisi tentang rencana usaha, uji kredit, dan skoring nasabah.
  • Jika semua prosedur tersebut dianggap memenuhi, maka pinjaman akan diberikan dan program mingguan bisa mulai dijalankan.
Baca  √ 4 Cara Cek Nomor Rekening Pinjaman BTN Online & Offline 2022

Tabel Angsuran Pinjaman Amartha

Sebagai pihak yang ingin melakukan pengajuan pinjaman, tentunya Anda berhak mendapatkan gambaran tentang angsuran setiap bulannya. Maka dari itu kami sudah sediakan simulasi dalam bentuk tabel untuk dijadikan patokan.

Berikut beberapa tabel angsuran Pinjaman Amartha dalam hitungan bulan.

Tabel Angsuran Pinjaman Amartha

Semua data dan rincian angsuran di atas memang secara umum bisa dijadikan sebagai patokan oleh debitur. Hanya saja angkanya dapat berubah tergantung dengan perubahan kebijakan dan kondisi dari pihak Amartha.

Keuntungan Mengajukan Kredit di Amartha

Mengapa beberapa orang merekomendasikan Amartha sebagai salah satu solusi pendanaan usaha Anda? Tentu saja karena ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengikuti program pinjaman tersebut.

Berikut beberapa keuntungan dalam mengikuti produk Pinjaman Amartha.

  • Mampu menyediakan pinjaman sebagai modal usaha.
  • Mampu menyediakan pelatihan dan pembinaan agar pemanfaatan modal lebih efektif.
  • Bunga pinjaman sangat ringan karena hanya 1% saja per bulannya.
  • Tenor pinjaman terbilang panjang untuk sebuah produk kelompok (tanggung renteng).
  • Segala kemungkinan gagal bayar akan ditanggung secara berkelompok.

Tentunya hal ini sangat mirip dengan beberapa Pinjaman Kelompok Mingguan lainnya yang sudah kami bahas sebelumnya. Jadi tidak ada salahnya mencoba Amartha sebagai salah satu solusi atas modal usaha Anda.

Call Center Resmi Amartha

Call Center Resmi Amartha

Apabila Anda sudah berminat untuk melakukan pengajuan, maka ada beberapa layanan Call Center Resmi Amartha yang bisa dimanfaatkan. Nantinya Anda akan terhubung langsung dengan petugas lapangan untuk informasi lebih valid.

Berikut beberapa layanan Call Center Resmi Amartha.

  • Call Center Resmi Amartha: 150170
  • Whatsapp Resmi Amartha: 0811-1915-0170
  • Email Resmi Amartha: support@amartha.com

Layanan akan diterima oleh pihak Amartha setiap hari pada pukul 07.00 – 20.00 WIB.

Akhir Kata

Akhirnya kita bisa mendapatkan kesempatan untuk melakukan pengajuan Pinjaman Amartha untuk memenuhi kebutuhan modal usaha. Namun sebelumnya negosiasikan terlebih dahulu dan rencanakan usaha Anda agar tidak ada kendala.

Sekian pembahasan tentang Produk Penerimaan Modal Usaha Amartha dari Mastermanifestors. Nantikan informasi update mengenai pinjaman lainnya yang akan rilis setiap hari. Semoga pembahasan ini bisa menjadi berkah untuk Anda semua.

Sumber Gambar: Admin Mastermanifestors, Amartha.com

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.