Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

15 Cara Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BRI 2021 (Syarat & Biaya)

Cara Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BRI

Cara Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BRI – Sebagai salah satu perusahaan pembiayaan multiguna ternama di Indonesia, Federal International Finance atau FIF semakin memudahkan nasabah dalam melakukan proses pelunasan angsuran. Dimana perusahaan tersebut sudah bekerja sama dengan beberapa pihak bank untuk menyediakan metode pembayaran cicilan.

Salah satu pihak perbankan di Indonesia yang sudah menjalin hubungan dengan FIF yaitu Bank BRI. Berkat hadirnya hubungan kerjasama kedua perusahaan tersebut membuat nasabah semakin mudah dalam melunasi angsuran kredit FIF, salah satunya yaitu pembayaran melalui mesin ATM.

Selain bisa dimanfaatkan untuk membayar tagihan cicilan kredit, ATM BRI juga sebenarnya dapat digunakan nasabah untuk MENGECEK SISA ANGSURAN FIF. Akan tetapi, setiap nasabah yang hendak melakukan pembayaran angsuran FIF melalui ATM BRI perlu memenuhi beberapa syarat beserta ketentuannya.

Secara garis besar, cara membayar angsuran kredit FIF via ATM BRI cukup mudah dilakukan, asalkan mengetahui tahapan-tahapannya. Untuk membantunya, kali ini Mastermanifestors akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara bayar angsuran FIF lewat ATM BRI beserta syarat dan biaya layanannya.

Syarat Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BRI

Syarat Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BRI

Seperti halnya PEMBAYARAN ANGSURAN FIF LEWAT BCA MOBILE, pembayaran cicilan melalui ATM BRI juga memiliki beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh nasabah. Adapun beberapa syarat beserta ketentuan bayar angsuran FIF via ATM BRI tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Kartu ATM BRI.
  • Mempersiapkan nomor kontrak kredit FIF.
  • Mengetahui kode institusi FIF.
  • Memiliki saldo lebih dari cukup di dalam rekening tabungan BRI.

Cara Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BRI

Setelah memenuhi beberapa syarat di atas, selanjutnya Anda juga harus mengerti bagaimana tata cara bayar angsurannya. Nah, daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik cara bayar angsuran FIF lewat ATM BRI berikut ini.

1. Masukkan Kartu ATM BRI

Masukkan Kartu ATM BRI

Pertama-tama, silahkan kunjungi mesin ATM BRI terdekat di daerah Anda. Setelah sampai, silahkan masukkan kartu ATM BRI dan pilihlah Bahasa Indonesia.

2. Input PIN ATM BRI

Input PIN ATM BRI

Tahap selanjutnya yaitu masukkan PIN ATM BRI. Pastikan Anda memasukkan PIN ATM tersebut dengan benar.

3. Pilih Transaksi Lainnya

Pilih Transaksi Lainnya

Kemudian akan muncul beberapa opsi jenis transaksi di ATM BRI. Untuk melanjutkannya, silahkan pilih Transaksi Lainnya.

4. Masuk ke Menu Pembayaran

Masuk ke Menu Pembayaran

Karena disini Anda akan melakukan pembayaran angsuran FIF, maka silahkan masuk ke menu Pembayaran/Pembelian. Jika masih belum ada, lanjutkan dengan memilih Pembayaran/Pembelian Lain.

5. Pilih Opsi Angsuran

Pilih Opsi Angsuran

Nantinya akan muncul beberapa opsi mengenai menu pembayaran atau pembelian melalui ATM BRI. Cara berikutnya, silahkan pilih opsi Angsuran.

6. Masukkan Kode Institusi FIF

Masukkan Kode Institusi FIF

Setelah itu, Anda diminta untuk memasukkan Kode Institusi FIF. Dimana kode institusi FIF sendiri yaitu 1001 atau bisa juga dilihat pada menu Daftar Kode Institusi.

7. Masukkan Nomor Angsuran FIF

Masukkan Nomor Angsuran FIF

Tahap selanjutnya yaitu memasukkan nomor kontrak angsuran FIF pelanggan. Perlu diingat, pastikan Anda memasukkan nomor kontrak kredit FIF tersebut dengan benar tanpa kekurangan satu angka pun.

8. Konfirmasi Bayar Angsuran FIF

Konfirmasi Bayar Angsuran FIF

Lalu secara otomatis akan keluar total tagihan angsuran FIF milik pelanggan, mulai dari nomor kontrak, nama, tanggal jatuh tempo hingga jumlah angsuran. Apabila sudah benar, silahkan pilih YA.

9. Pilih Sumber Pembayaran Angsuran FIF

Pilih Sumber Pembayaran Angsuran FIF

Terakhir, pilih sumber pembayaran angsuran FIF dari rekening giro ataupun tabungan BRI. Tunggu beberapa saat sampai mesin ATM mengeluarkan struk sebagai bukti pembayaran angsuran FIF yang sah.

Biaya Admin Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BRI

Biaya Admin Bayar Angsuran FIF Lewat ATM BRI

Ketika pelanggan membayar angsuran kredit FIF melalui fasilitas mesin ATM BRI, tentunya mereka akan dikenai biaya administrasi tambahan. Dimana besaran biaya transaksi atau biaya layanan tambahan yang dibebankan kepada para nasabah yaitu sebesar Rp 3.000 per transaksi.

Nantinya biaya administrasi pembayaran angsuran FIF lewat mesin ATM ini akan memotong langsung dari saldo di rekening BRI. Maka dari itu, pastikan saldo di rekening BRI Anda melebihi dari total tagihan angsuran FIF ditambah biaya administrasi layanan pembayarannya,

Penyebab Gagal Bayar Angsuran FIF

Meskipun cara bayar angsuran FIF lewat ATM BRI terlihat mudah dilakukan, akan tetapi masih ada beberapa nasabah mengeluhkan bahwa mereka gagal melakukannya. Tentunya kegagalan bayar tagihan cicilan FIF tersebut bisa disebabkan oleh beberapa faktor.

Umumnya penyebab kegagalan pelunasan tagihan FIF tersebut dapat terjadi baik itu karena kesalahan pengguna ataupun kerusakan mesin ATM BRI. Maka dari itu, supaya terhindar dari kegagalan pembayaran angsuran FIF tersebut sebaiknya ketahui beberapa penyebabnya di bawah ini.

  • Saldo tidak mencukupi untuk melunasi tagihan angsuran.
  • Pengguna salah memasukkan kode institusi FIF.
  • Pengguna salah memasukkan nomor kontrak FIF.
  • Mesin ATM BRI sedang mengalami gangguan.

Akhir Kata

Demikian sekiranya pembahasan seputar cara bayar angsuran FIF lewat ATM BRI dilengkapi syarat beserta biaya administrasinya versi Mastermanifestors. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak membayar tagihan angsuran kredit FIF lewat mesin ATM BRI.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *