Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

√ 4 Cara Top Up KUR Mandiri 2022 : Jenis, Syarat & Biaya

Cara Top Up KUR Mandiri

Cara Top Up KUR Mandiri – akan mengulas mengenai langkah atau proses untuk mendapatkan pinjaman dana lebih di layanan KUR milik perbankan Mandiri. Dimana top up KUR Mandiri bisa dilakukan asalkan sudah memenuhi syarat.

Bank Mandiri termasuk salah satu perbankan Indonesia dengan layanan pinjaman dengan bentuk pelayanan terbaik. Dimana satu diantara berbagai pinjaman Mandiri adalah Kredit Usaha Rakyat atau KUR Mandiri, yakni utangan khusus bagi pengusaha UMKM.

KUR Mandiri sendiri sudah dilengkapi dengan berbagai fitur menarik seperti pelayanan top up KUR Mandiri. Meskipun tidak semua pengguna KUR Mandiri bisa mendapatkannya, namun penambahan modal usaha tersebut bisa diajukan sebagian besar pengguna KUR Mandiri.

Oleh karena itu, Mastermanifestors akan menjelaskan mengenai pengertian, jenis, syarat, biaya dan tentu saja cara mengajukan top up pinjaman KUR Mandiri ke pihak perbankan. Demi mempersingkat waktu silakan simak saja uraian cara top up kredit usaha rakyat Mandiri berikut.

Pengertian Top Up KUR Mandiri

Pengertian Top Up Kur Mandiri

Memahami apa itu top up KUR Mandiri perlu dilakukan sebelum Anda memahami mengenai cara mengajukannya. Dimana top up pada utangan Mandiri tersebut mempunyai pengertian sebagai pengajuan menambah jumlah dana pinjaman usaha UMKM.

Dengan kata lain top up tersebut adalah cara untuk mendapatkan modal tambahan oleh seorang nasabah Mandiri yang sudah mempunyai ataupun menggunakan layanan kredit usaha rakyat Mandiri. Biasanya top up KUR bisa dilakukan dalam bentuk pemberian dana KUR baru ataupun hanya menambah jumlahnya saja.

Jenis Top Up Mandiri

Jenis Top Up KUR Mandiri

Seperti telah disinggung di atas bahwa jenis top up KUR bank BUMN berwarna biru tua ini membagi top up menjadi 2 (dua) jenis, yakni Top Up KUR Penggabungan serta Top Up KUR Terpisah.

1. Penggabungan

Top up Mandiri penggabungan merupakan suatu jenis top up atau penambahan saldo pinjaman dengan proses penutupan angsuran lama terlebih dulu. Baru setelah cicilan KUR Mandiri lama ditutup, Anda akan mendapat plafon baru (New Plafond).

Baca  9 Tabel Angsuran KUR BSI 2022 : Jenis & Syarat

Penutupan angsuran KUR Mandiri lama sendiri tidak perlu menggunakan uang dari nasabah, melainkan memotong jumlah pencairan plafon terbaru. Jadi pada saat uang tambahan hasil top up KUR cair, debitur tidak akan mendapatkan dana sesuai plafon karena sudah dipotong terlebih dahulu.

2. Terpisah

Jenis berikutnya adalah top up Mandiri terpisah, yaitu pemberian pinjaman bisnis tambahan tanpa menutup sisa angsuran lama. Dengan kata lain, nasabah akan mempunyai dua buah fasilitas KUR Mandiri berbeda. Jika memakai layanan tambah plafon terpisah ini, sebaiknya ajukan tanggal jatuh tempo sama dengan KUR Mandiri pertama agar tidak kesulitan dalam membayar angsuran.

Syarat Top Up KUR Mandiri

Syarat Top Up KUR Mandiri

Berikutnya perihal penting terkait cara adalah mengenai syarat top up Mandiri. Dimana seperti telah penulis sebut di atas bahwa sebagai fitur layanan, pastinya top up pinjaman usaha Mandiri mempunyai syarat khusus agar bisa diterima.

  • KUR Mandiri pertama sudah berjalan setidaknya 6 bulan atau lebih.
  • Status pembayaran cicilan KUR Mandiri harus lancar (selalu dibayar tepat waktu & tidak pernah terlambat).
  • Nasabah tak memiliki pinjaman di luar layanan KUR Mandiri.
  • Pemakaian dana pinjaman hasil top up KUR hanya sebagai modal usaha.
  • Jika jumlah plafon KUR Mandiri baru lebih besar daripada plafon awal, harus disertai jaminan tambahan.

Itulah beberapa syarat serta ketentuan umum mengenai top up Mandiri. Dimana selain syarat di atas, tambah plafon KUR Mandiri juga memerlukan dokumen persyaratan sebagai berikut.

  • Fotokopi Kartu kependudukan (KTP).
  • Fotokopi Kartu keluarga (KK).
  • Fotokopi Surat nikah atau Surat cerai.
  • Fotokopi NPWP.
  • Fotokopi surat jaminan tambahan seperti SHM/SHGB/BPKB+STNK (bila diperlukan).

Jika seorang nasabah hendak mengajukan top up penggabungan, maka sebaiknya proses penutupan KUR lama dikonsultasi terlebih dahulu.

Biaya Top Up Mandiri

Biaya Top Up KUR Mandiri

Perihal penting terkait cara pengajuan berikutnya adalah biaya top up KUR Mandiri. Umumnya saat nasabah KUR Mandiri mengajukan tambah plafon KUR, maka biaya yang dibebankan tidak berbeda jauh dari saat membuat pengajuan pertama, yaitu:

Baca  4 Tabel Angsuran KUR BTN 2022 : Jenis, Syarat, Biaya & Bunga
Biaya Top Up KUR MandiriBesaran
Biaya AdministrasiRp. 500.000
Biaya MateraiRp. 10.000
Biaya ProvisiMenyesuaikan Jumlah Plafon

Karena ada biaya bila menambah plafon KUR Mandiri, maka Anda perlu mengetahui berapa saja jumlah pinjaman KUR Mandiri. Oleh karena itu, silakan simak besaran plafon sesuai Tabel KUR Mandiri.

Cara Top Up KUR Mandiri

Terkait cara pengajuan top up KUR Mandiri, perlu dipahami bahwa pihak bank belum menyediakan cara online. Artinya cara top up utangan modal usaha Mandiri hanya bisa dilakukan melalui kantor cabang saat pertama kali mengajukan. Berikut adalah langkah-langkah dalam cara top up Mandiri.

1. Kunjungi Kantor Cabang Mandiri

Langkah awal dalam cara top up adalah mengunjungi kantor cabang tempat mengajukan kredit usaha rakyat Mandiri pertama kali.

1 Kunjungi Kantor Cabang Mandiri

2. Temui Petugas Customer Service Mandiri

Selanjutnya temui salah satu petugas customer service (CS) di kantor cabang Mandiri. Jika bisa temui petugas CS Mandiri yang dulu juga menangani pengajuan KUR Anda.

2 Temui Petugas Customer Service Mandiri

3. Berikan Dokumen Persyaratan Top Up KUR

Kemudian jelaskan maksud serta tujuan kedatangan terkait tambah plafon KUR Mandiri. Bila memang memenuhi syarat, petugas akan meminta dokumen persyaratan top up, lalu berikan semua berkas tersebut.

3 Berikan Dokumen Persyaratan Top Up Kur

4. Tunggu Hasil Analisis Kelayakan Top Up KUR

Setelah semua cara di atas selesai, artinya hanya tinggal menunggu hasil analisis kelayakan top up oleh pihak bank Mandiri. Bila dinyatakan layak maka Anda akan diberi pemberitahuan atau notifikasi melalui kontak sesuai yang tertera dalam data server Mandiri.

4 Tunggu Hasil Analisis Kelayakan Top Up Kur

Sekiranya itulah gambaran mengenai cara top up KUR Mandiri, dimana langkahnya tidak jauh berbeda dari Cara Mengajukan KUR Mandiri untuk pertama kalinya.

Call Center Mandiri

Call Center Mandiri 1

Apabila Anda menginginkan informasi lanjutan seputar cara top up pinjaman modal usaha Mandiri, maka bisa bertanya secara langsung ke pihak bank. Silakan hubungi salah satu dari beberapa kontak di bawah jikalau ingin menanyakan info cara top up KUR tersebut.

  • Telepon : 14000 atau (021)-52997777
  • Email : mandiricare@bankmandiri.co.id
  • Facebook : @bankmandiricare
  • Twitter : @mandiricare
  • Telegram : @bankmandiricare
  • Web guest : https://www.bankmandiri.co.id/web/guest/kontak

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai cara top up KUR Mandiri yang bisa Mastermanifestors jelaskan. Semoga bisa menambah wawasan serta mampu menjadi bahan acuan para pengguna layanan KUR Mandiri.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

8 Replies to “√ 4 Cara Top Up KUR Mandiri 2022 :…”

  1. Tapi faktanya tidak seperti di artikel… Saya mengajukan top up kur mandiri, tapi dari sana menjawab kalau top up bungan tidak seperti kur. Lebih besar dari pada kur… Apa artikel yang saya baca ini kurang benar?

    1. Ketentuan bunga top up terkadang berbeda pada tiap daerah pelayanan KUR Mandiri, maka dari itu Mastermanifestors hanya membagikan data biaya nya saja.

  2. Saya pengajuan top up terasa susah padahal angsuran saya sudah 14 bulan jangka waktu angsuran saya 24 bulan, kata petugas bank mandiri system masih di lock padahal ini top up yg sudah ketiga kali di kcp mandiri dramaga 2 bogor

    1. Kemungkinan besar lock tersebut terjadi karena mendekati akhir tahun. Jadi silakan mencoba melakukan top up KUR Mandiri kembali saat awal atau pertengahan tahun.

    1. Dari informasi yang saya dapatkan sebenarnya tidak ada data kebijakan seperti itu, jadi kemungkinan besar ketentuan tersebut dibuat oleh kantor cabang Mandiri terkait. Penyebab lain kemungkinan karena saat ini masih dalam masa pergantian tahun.

  3. Mohon infonya pak.
    Saya uda lama ber langganan dgn bank mandiri
    Dan saat ini saya juga ada 2 kur mandiri dgn atas nama saya sendiri dan istri
    Tp akhir tahun ini yg atas nama istri uda selesai lebih tepatnya bulan 11 trz rencana saya bulan 1 mau oengajuan lagi top up yg atas nama sendiri apa bisa ya pak..
    Klu saya selama di mandiri gk pernah telat sama sekali apa bisa ya pengajuan ulang

    1. Pengajuan ulang dalam arti ingin top up? Apabila jumlah top up jauh lebih besar dibandingkan dengan jumlah pinjaman sekarang maka top up bisa dilakukan asalkan ada jaminan tambahan yang mempunyai nilai lebih tinggi dari jaminan awal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.