Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

3 Pinjaman Online Pemerintah : Jenis, Bunga & Syarat 2022

Pinjaman Online Pemerintah
Advertisements

Pinjaman Online Pemerintah – memberikan uraian mengenai pelayanan pinjaman ataupun pembiayaan berbasis digital dari pemerintah. Dimana pinjaman pemerintah pastinya menawarkan keamanan lebih tinggi dibanding milik swasta.

Siapa kini tidak mengenal istilah pinjaman online? Ya, layanan pinjaman dana untuk berbagai kebutuhan yang dapat diajukan serta dibayarkan lewat sistem online. Tapi tahukah Anda bahwa selain pihak swasta, pemerintah juga mempunyai beberapa program pinjaman online?

Meskipun sudah tersedia, namun informasi mengenai pinjaman online pemerintah belum menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, perlu adanya pembahasan khusus mengenai layanan kredit online pemerintah.

Advertisements

Pada kesempatan kali ini, Mastermanifestors hendak membahas mengenai pelayanan pinjaman online pemerintah mulai dari jenis, bunga hingga syarat mengajukannya. Silakan simak uraian berikut untuk mengetahui gambaran program pinjaman online negara tersebut.

Apa Itu Pinjaman Online Pemerintah

Ketika membahas mengenai pinjaman online baik dari pihak pemerintahan maupun swasta, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu tentang pengertiannya. Jadi apa itu pinjaman online pemerintah? Jika dilihat secara seksama pinjaman itu mempunyai pengertian sebagai layanan kredit yang dalam proses pengajuan serta pengembalian dananya dilaksanakan secara online.

Nantinya program pinjaman digital pemerintah bisa diajukan dan dibayarkan lewat aplikasi milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) seperti contohnya LinkAja. Dari segi keamanan, tentunya pinjaman online ini lebih dijamin karena dikontrol langsung oleh pihak bertanggung jawab.

Jenis Pinjaman Pemerintah

Lalu apa saja jenis pembiayaan pemerintah yang saat ini bisa digunakan oleh masyarakat umum? Dari informasi yang penulis dapatkan, sekarang ini terdapat setidaknya 3 (tiga) jenis kredit online pemerintah yaitu :

  1. KUR Online
  2. Pinjaman UMi
  3. Pinjaman Aplikasi LinkAja
Baca  12 Cara Menaikan Limit Kredit Pintar Otomatis : Syarat & Maksimal Limit

Berikut adalah penjabaran masing-masing pinjaman berbasis daring milik pemerintah di atas.

1. KUR Tanpa Agunan Online Pemerintah

Seperti telah diketahui bahwa KUR atau Kredit Usaha Rakyat adalah sebuah program pinjaman dana bagi para pelaku usaha terutama dalam skala UMKM. Dimana baik pemerintah maupun swasta telah berusaha menyediakan KUR.

Untuk KUR online tanpa agunan sendiri, pemerintah menyalurkan dananya lewat berbagai bank BUMN seperti contohnya BRI dan juga BNI. Anda dapat menggunakan pinjaman KUR online kedua perbankan bila sudah mempunyai toko online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee dan platform lainnya. Selain itu KUR tanpa agunan online pemerintah juga menyediakan pendaan bagi para peserta prakerja.

Silakan simak juga uraian penulis mengenai masing-masing KUR tanpa agunan online pemerintah berikut.

Pada urusan plafon, KUR tanpa agunan online pemerintah mampu mencairkan dana pinjaman hingga sebesar Rp. 100.000.000 dengan tenor cicilan selama 60 bulan (5 tahun).

2. Pinjaman UMi

Jenis pinjaman pemerintah bagi pelaku usaha berikutnya adalah pinjaman UMi (Ultra Mikro). Pinjaman UMi sendiri diselenggarakan pemerintah melalui kementerian keuangan. Meskipun tujuannya hampir sama dengan KUR, tapi pinjaman UMi tidak disalurkan lewat perbankan melainkan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB).

Karena disalurkan melalui pihak LKBB, nantinya pinjaman UMi tidak mengikuti persyaratan pemerintah saja melainkan juga ketentuan dari pihak penyalurnya. Dimana sekarang ini, pinjaman UMi pemerintah bisa diajukan lewat lembaga seperti di antaranya :

  1. Pegadaian (Program Pinjaman Kreasi UMi)
  2. Permodalan Nasional Madani (Program Pinjaman Mekaar)
  3. PT Bahana Artha Ventura

Besarnya plafon pinjaman UMi sendiri berkisar antara Rp. 1.000.000 – Rp. 10.000.000 dengan jangka waktu pelunasan maksimal 1 tahun. Jika tidak ingin menggunakan agunan ketika mengajukan pinjaman UMi ini, silakan lakukan pengajuannya lewat Pinjaman PNM Mekaar.

Baca  √ Pinjaman Online Maucash : Syarat, Bunga & Biaya 2022

3. Pinjaman Aplikasi LinkAja

Pinjaman online pemerintah terakhir telah terintegrasi langsung dalam aplikasi bernama LinkAja. Meski lebih dikenal sebagai dompet digital, namun LinkAja juga sudah menyediakan menu pinjaman yang bisa diakses oleh para pengguna.

Berbeda dengan kedua pinjaman pemerintah di atas, pinjaman online LinkAja tidak mendapatkan dana dari pemerintah secara langsung. Artinya pemerintah atau dalam hal ini LinkAja hanya menjadi sarana penghubung antara Anda dengan pihak peminjam.

Jika mengajukan lewat LinkAja nantinya nasabah bisa memilih layanan pinjaman online seperti :

  1. Pinjaman BFI
  2. Pinjaman Adira
  3. Pinjaman Mandiri Tunas Finance (MTF)
  4. Pinjaman Online UKU
  5. Pinjaman Online Kredit Pintar
  6. Pinjaman Online Indodana
  7. Pinjaman Gadai BPKB Pegadaian

Besarnya plafon serta tenor angsuran pinjaman online di aplikasi LinkAja juga sangat beragam tergantung pada penyedianya.

Bunga Pinjaman Online Pemerintah

Berikutnya penulis hendak memberikan informasi tentang besarnya bunga pinjaman pemerintah di atas. Silakan simak tabel di bawah ini untuk mengetahui besarnya suku bunga pinjaman online pemerintah.

Jenis Pinjaman OnlineSuku Bunga
Pinjaman KUR Tanpa Agunan Online6% per tahun
Pinjaman UMi1,12% per bulan (minimal)
Pinjaman Aplikasi LinkAja– 0,22 – 0,25% per hari
– 1% per bulan
Advertisements

Syarat Pinjaman Online Pemerintah

Walaupun sebenarnya setiap pelayanan pinjaman online pemerintah mempunyai syarat tersendiri namun penulis akan memberikan gambaran umumnya. Silakan simak tabel berikut ini untuk mengetahui data syarat pinjaman pemerintah secara umum.

Jenis Pinjaman PemerintahSyarat
Pinjaman KUR Tanpa Agunan Online– WNI serta telah berusia minimal 21-60 tahun.
– Nasabah individu (perseorangan).
– Bekerja pada bidang marketplace (e-commerce) / ride hailing.
– Sudah bekerja setidaknya selama 6 bulan.
– Tidak sedang menggunakan layanan kredit atau pinjaman dari perbankan selain penyedia pinjaman.
– Lolos BI Checking / SLIK OJK.
Pinjaman UMi– WNI serta telah berusia minimal 21-60 tahun.
– Nasabah individu ataupun kelompok.
– Mempunyai surat izin usaha / surat keterangan usaha.
Pinjaman Aplikasi LinkAja– WNI & wajib memiliki kartu identitas (KTP).
– Telah genap berusia 21 tahun.
– Menggunakan nomor HP terdaftar atas nama pribadi.
– Memberikan data penghasilan terbaru.
– Memberikan kontak darurat.

Akhir Kata

Demikian uraian dari Mastermanifestors mengenai pinjaman online pemerintah mulai dari jenisnya, suku bunganya hingga syarat pengajuannya. Semoga setelah menyimak ulasan di atas Anda mendapatkan wawasan lebih mengenai pinjaman online aman serta dijamin oleh negara.

Advertisements
Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.