Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Apa Itu Home Credit Bayar Nanti

Apa Itu Home Credit Bayar Nanti – menjelaskan mengenai perihal penting apa saja terkait fitur terbaru di aplikasi Home Credit yakni pembayaran berbagai hal dengan metode cicilan tanpa kartu kredit. Dimana Home Credit Bayar Nanti bisa digunakan oleh sebagian pengguna Home Credit.

Home Credit merupakan salah satu aplikasi pembiayaan di Indonesia dengan berbagai pilihan pelayanan seperti beli gadget, kamera, handphone, laptop, tv, furniture serta kebutuhan rumah tangga lainnya. Selain itu, Home Credit sudah memberikan fasilitas pembayaran tagihan bulanan di dalam aplikasinya.

Awalnya, metode pembayaran di platform Home Credit belum memiliki cara mudah untuk membayar di merchant (toko mitra) Home Credit. Namun hal itu sudah berubah sejak diluncurkannya Home Credit Paylater atau lebih dikenal sebagai Home Credit Bayar Nanti.

Agar memudahkan para pengguna aplikasi Home Credit, di sini Mastermanifestors akan memberikan uraian terkait perihal penting apa saja yang tersedia pada layanan itu. Bahasan selengkapnya seputar metode cicilan lain dari Home Credit itu bisa disimak di penjelasan berikut.

Pengertian Home Credit Bayar Nanti

Sebelum memberikan uraian terkait syarat hingga cara menggunakan Home Credit Bayar Nanti, di sini akan dibahas lebih dulu mengenai pengertiannya. Dimana layanan pay later milik Home Credit merupakan sebuah fitur pembayaran barang apa pun bentuknya dengan dana saldo pinjaman.

Nantinya nasabah Home Credit perlu mengembalikan dana pinjamannya melalui sistem cicilan sesuai dengan tenor (jangka waktu) angsuran yang telah dipilih saat proses membayar. Jika dilihat dari pengertiannya itu, maka Bayar Nanti bisa dikatakan serupa credit card tanpa wujud fisik kartu.

Layanan Home Credit Bayar Nanti

Jika sudah memahami pengertian dasar di atas, berikutnya Anda perlu mengetahui perihal layanan Home Credit bayar nanti. Dimana Bayar Nanti itu mempunyai ketentuan pemakaian seperti pada tabel di bawah ini.

Jenis Layanan Home Credit BayarNantiKeterangan
Limit MaksimalRp. 1.200.000
Tenor Angsuran1,3,6,9 bulan
Minimal TransaksiRp. 10.000
Biaya Transaksi
Bunga Transaksi3,49%
Barcode (QRIS)Tersedia

Berdasarkan tabel di atas itu, Bayar Nanti tergolong sebagai fitur bermanfaat. Sayangnya bila dibandingkan dengan milik Lazada, maka besaran limit Home Credit tergolong cukup kecil. Hal itu membuat masyarakat terkadang masih memilih menggunakan Lazada Paylater.

Cara Aktivasi

Berbeda dengan layanan Home Credit Pay, Home Credit Bayar Nanti tidak perlu diaktifkan secara manual serta tidak ada ketentuan khusus terkait apa saja syarat mengaktifkan nya. Namun untuk saat ini, fitur Bayar Nanti itu belum tersedia bagi seluruh pengguna.

Dengan kata lain, hanya sebagian pengguna saja yang akan mendapat aktivasi Home Credit Bayar Nanti langsung dari pihak perusahaan. Jadi untuk mengetahuinya silakan cek langsung apakah sudah Home Credit Paylater sudah muncul di halaman awal aplikasi Home Credit.

Contoh beberapa toko mitra (merchant) Home Credit dimana sudah bisa menggunakan Bayar Nanti adalah:

  • Alfamart.
  • Gramedia.
  • Massindo.
  • Lotte Mart.
  • Bhinneka.
  • Gunung Agung.
  • Yogya Elektronik.
  • Eraphone.

Cara Menggunakan Home Credit Paylater

Jika masih bingung dalam mencoba memakai Home Credit Bayar Nanti, maka simaklah tutorial di bawah ini. Urutan langkah berikut adalah tutorial cara menggunakan Home Credit Paylater di salah satu mitranya yakni Alfamart.

1. Buka Aplikasi Home Credit

Jika sudah selesai berbelanja, silakan pergi ke kasir lalu bukalah aplikasi Home Credit Anda. Jangan lupa untuk memastikan bahwa scan QRIS sudah bisa dilakukan di toko itu.

2. Tekan Tombol Scan

Selanjutnya tekan tombol Scan, lalu arahkan ke barcode QRIS yang sudah disediakan di kasir.

3. Pilih Metode Home Credit Bayar Nanti

Kemudian jika sudah muncul tampilan Konfirmasi Pembayaran, pilih metode pembayaran menggunakan Home Credit Bayar Nanti.

4. Pilihlah Tenor Angsuran

Berikutnya akan muncul tampilan berisi pilihan jangka waktu angsuran, silakan pilih salah satunya.

5. Pilih Jenis Belanjaan

Selanjutnya pilihlah satu dari beberapa pilihan jenis belanjaan seperti Bahan Makanan, Kebutuhan Pokok, ataupun Barang Elektronik.

6. Cek Data Belanjaan

Setelah itu, lanjut ke pengecekan data belanjaan. Pastikan bahwa rincian sudah benar lalu klik Verifikasi Transaksi.

7. Masukkan PIN

Lalu masukkan PIN Home Credit milik Anda sebagai verifikasi pembayaran.

8. Notifikasi Keberhasilan

Jika PIN Home Credit benar maka transaksi akan dinyatakan sukses dan muncul tampilan seperti di gambar di atas.

Tutorial di atas itu bisa dilakukan di berbagai merchant Home Credit lain apa pun bentuk barangnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Agar lebih mudah memahami manfaat menggunakan fitur Bayar Nanti itu, silakan simaklah data kelebihan serta kekurangannya. Dimana fasilitas Home Credit Paylater mempunyai kelebihan serta kekurangan sebagai berikut.

Kelebihan

  • Tidak perlu aktivasi.
  • Tidak membebani biaya transaksi.
  • Bunga cukup rendah.
  • Tenor cicilan lama.
  • Termasuk layanan praktis.
  • Bisa mencicil belanja kebutuhan pokok.
  • Serupa kartu kredit namun lebih simpel.

Kekurangan

  • Belum tersedia bagi semua pengguna.
  • Hanya bisa digunakan pada mitra penyedia QRIS.
  • Limitnya kecil.

Call Center Home Credit

Bila masih butuh info lanjutan apa pun seputar fitur Bayar Nanti, silakan langsung saja hubungi pihak perusahaan melalui call centernya. Dimana beberapa kontak call center Home Credit diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Telepon : 02129539600
  • Whatsapp : 08117799600
  • Email : care@homecredit.co.id
  • Facebook : @homecreditid
  • Twitter : @homecreditid
  • Instagram : @homecreditid

Akhir Kata

Demikian bahasan Mastermanifestors mengenai apa itu Home Credit Bayar Nanti beserta uraian singkat berbagai perihal penting layanan itu. Semoga mampu menambah wawasan dunia perkreditan serta bisa menjadi bahan acuan bagi pengguna aplikasi Home Credit.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *