Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater

Perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater

Perbedaan ShopeePay dan Shopee Paylater – memberikan penjelasan mengenai apa saja perbedaan pada platform Shopee. Dimana sebagai sebuah marketplace, Shopee telah menyediakan metode pembayaran serta dompet digital miliknya sendiri.

Dalam industri 4.0 seperti sekarang ini, semua bidang telah merambah dunia digital termasuk dalam hal perbelanjaan. Salah satu pelaku usaha atau platform penyedia metode perbelanjaan online paling populer di Indonesia adalah Shopee.

Meski awalnya pengguna Shopee hanya bisa membayar barang menggunakan sistem transfer bank, kini Shopee telah melebarkan sayap sehingga menyediakan fitur pembayaran bernama ShopeePay serta Shopee Paylater. Keduanya telah sama-sama bisa diakses oleh para pengguna setia Shopee.

Pada kesempatan kali ini, Mastermanifestors akan memberi penjelasan mengenai apa saja perbedaan antara Shopee Paylater dan ShopeePay. Pembahasan selengkapnya seputar perbedaan ShopeePay dengan Shopee bayar nanti bisa Anda simak pada uraian di bawah ini.

Pengertian ShopeePay dan Shopee Paylater

Pengertian ShopeePay dan Shopee Paylater

Agar mudah dalam memahami perbedaan antara fitur ShopeePay dan Shopee bayar nanti, pertama-tama pengguna harus mengetahui pengertian dari masing-masing fasilitas tersebut. Berikut adalah pengertian tentang apa itu Shopee Paylater dan ShopeePay.

1. ShopeePay

ShopeePay merupakan sebuah inovasi aplikasi Shopee yang berbentuk seperti dompet digital. Dimana para pengguna Shopee bisa menggunakan saldo ShopeePay untuk membayar barang belanjaan maupun kebutuhan sehari-hari lain.

Selain itu, metode pengisian saldo ShopeePay dapat dilakukan lewat proses top up yakni melalui transfer bank atau di outlet mini market seperti Alfamart, Indomaret, CircleK dan masih banyak lagi.

2. Shopee Paylater

Shopee Paylater sendiri mempunyai pengertian sebagai layanan cicilan serupa kartu kredit sehingga para nasabahnya bisa membeli ataupun membayar berbagai hal menggunakan limit terlebih dulu. Setelah proses bayar berhasil nanti pengguna wajib membayar kembali uang yang digunakan melalui proses mengangsur.

Kegunaan ShopeePay dan Shopee Paylater

Kegunaan ShopeePay dan Shopee Paylater 1

Setelah mengetahui pengertiannya, selanjutnya Anda perlu mengetahui kegunaan atau fungsi dari masing-masing layanan. Berikut adalah penjelasan mengenai manfaat khusus dari ShopeePay dan Shopee bayar nanti.

ShopeePay

  • Melakukan pembayaran belanjaan menggunakan saldo.
  • Membayar tagihan bulanan.
  • Membeli Voucher, Emas, Uang Elektronik, dan Zakat.
  • Membayar barang di merchant Shopee.

Shopee Paylater

  • Melakukan pembayaran barang belanjaan dengan limit.
  • Membayar tagihan bulanan seperti listrik, PDAM, BPJS dan lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dan Kekurangan

Apabila informasi di atas belum memberikan Anda gambaran secara gamblang, silakan simak juga daftar kelebihan dan kekurangan ShopeePay dan Shopee Paylater berikut. Dimana data kelebihan dan kekurangan masing-masing fitur bayar Shopee tersebut dapat digunakan sebagai bahan referensi calon pengguna.

ShopeePay

KelebihanKekurangan
Tidak memberatkan pengguna dengan bungaTerbatas oleh saldo yang tersedia
Bisa digunakan untuk membeli Voucher, Emas, Uang Elektronik dan ZakatSaldo harus diisi sebelum bisa dipakai
Tidak sering mengalami kendala sistemHarus diaktifkan terlebih dulu
Proses Top Up saldo bisa dilakukan melalui berbagai pilihan layananPemakaian menggunakan PIN

Shopee Paylater

KelebihanKekurangan
Tidak dibatasi oleh saldo melainkan limitPengguna harus membayar cicilan
Proses kembalinya limit secara otomatis jika cicilan telah dibayarSering mengalami kendala teknis
Tidak menggunakan pengamanan PINHarus diaktifkan terlebih duilu
Bisa digunakan tanpa perlu mengisi saldoTidak dapat digunakan untuk membeli Voucher, Emas, Uang Elektronik dan Zakat
Lebih fleksibel

Berdasarkan data di atas, meskipun keduanya mempunyai kelebihan serta kekurangan tersendiri namun sama-sama bisa memudahkan proses pemakaian platform Shopee. Terlebih lagi bagi para pengguna kartu kredit, karena kadang muncul permasalahan Kartu Kredit Tidak Bisa di Shopee.

Call Center Shopee

Call Center Shopee

Jika masih mempunyai pertanyaan seputar perbedaan kedua metode bayar di Shopee maupun cara pakainya, Anda bisa bertanya secara langsung pada pihak Shopee melalui layanan call centernya. Dimana call center Shopee bisa dihubungi melalui beberapa kontak berikut ini.

  • Nomor Telepon : 1500702 atau 021-39500300 (24 jam)
  • Facebook : @ShopeeID
  • Instagram : @shopee_id

Akhir Kata

Sekian ulasan Mastermanifestors mengenai perbedaan fitur ShopeePay dan Shopee Paylater. Dimana perbedaan inti pada kedua fasilitas platform Shopee tersebut terletak pada penggunaan saldo dan limit.

Meskipun keduanya dapat Anda gunakan secara bersama-sama dalam satu akun, tetapi tidak dalam melakukan satu transaksi. Oleh karena itu, memakai ShopeePay maupun Shopee bayar nanti harus dilakukan secara berhati-hati.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Apa Itu Home Credit Bayar Nanti

Apa Itu Home Credit Bayar Nanti – menjelaskan mengenai perihal penting apa saja terkait fitur terbaru di aplikasi Home Credit yakni pembayaran berbagai hal...
Andra
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *