Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

√ 25 Cara Top Up KUR BRI 2022 : Jenis, Syarat & Biaya

Cara Top Up KUR BRI

Cara Top Up KUR BRI – merupakan bahasan mengenai langkah menambahkan jumlah dana Kredit Usaha Rakyat atau KUR dari perbankan BRI. Dimana top up KUR BRI tersebut dapat dilakukan seorang pengguna asalkan sudah memenuhi syarat.

Sudah diketahui oleh masyarakat dalam negeri bahwa salah satu perbankan konvensional dengan fasilitas KUR terbaik adalah BRI. Hal itu dikarenakan Bank Rakyat Indonesia mempunyai berbagai jenis KUR dilengkapi dengan segudang fitur khusus.

Salah satu fitur khusus dari utangan KUR Bank Rakyat Indonesia adalah top up KUR. Fitur top up KUR tersebut berbeda dari top up saldo aplikasi smartphone. Dimana top up KUR BRI mempunyai syarat, ketentuan serta cara memproses top up nya juga memiliki perbedaan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini Mastermanifestors akan menjelaskan mengenai pengertian, syarat, cara hingga tips melakukan top up KUR BRI. Bahasan selengkapnya mengenai top up KUR Bank Rakyat Indonesia bisa disimak secara langsung di penjelasan berikut ini.

Apa Itu Top Up KUR BRI

Apa Itu Top Up KUR BRI

Top up KUR BRI merupakan sebuah proses menambah jumlah dana atau perpanjang jangka waktu pinjaman kredit dengan alasan membutuhkan modal lebih karena bisnis mengalami perkembangan pesat. Dimana top up tersebut memang sudah disediakan secara resmi dari bank BRI.

Dalam KUR BRI, ada 2 (dua) istilah utama yang perlu diperhatikan, yakni:

  • New Plafond atau Plafon Baru, adalah besarnya plafon setelah adanya top up KUR.
  • Fresh Money atau Dana Tambahan, adalah jumlah dana yang diterima nasabah ketika top up KUR berhasil.

Namun perlu dipahami bahwa jika Anda meminta penambahan uang pinjaman KUR, maka pihak BRI akan memotong uang tambahan dikurangi sisa angsuran. Sebagai contoh kasus adalah sebagai berikut.

Misal Mamang Daya awalnya punya KUR BRI sebesar Rp. 15.000.000. Setelah sisa angsuran Rp. 5.000.000, Mamang Daya mengajukan top up sebesar Rp. 25.000.000. Maka bila top up KUR milik Mamang disetujui, Ia akan menerima pencairan sebesar Rp. 20.00.000.

Baca  4 Cara Membersihkan Nama di Kredit Pintar : Penyebab & Manfaat

Jenis Top Up KUR BRI

Jenis Top Up KUR BRI

Setelah mengetahui seputar pengertian top up KUR BRI, berikutnya nasabah harus tahu info macam-macam top up tersebut. Dimana jenis top up BRI terbagi menjadi 2 (dua) jenis, yakni:

1. Top Up Gabungan

Jenis top up KUR pertama adalah gabungan, yakni sebuah jenis top up dengan proses menutup sisa cicilan lama kemudian perhitungannya akan menggunakan plafon KUR baru (New Plafond). Artinya Anda hanya punya satu angsuran KUR, sementara besarnya cicilan bulanan akan mengikuti besaran plafon baru.

2. Top Up Terpisah

Jenis top up KUR berikutnya adalah top op terpisah, yakni proses penambahan pinjaman KUR tanpa menutup angsuran lama. Dengan kata lain, Anda akan mempunyai dua cicilan KUR BRI yang terpisah satu sama lain. Karena nantinya akan ada dua angsuran, sebaiknya jatuh tempo dibuat menjadi satu tanggal agar tidak menyulitkan dalam proses bayarnya.

Syarat Top Up KUR BRI

Syarat Top Up Kur Bri

Sebelum memahami terkait cara melakukan top up, selanjutnya penulis akan menjelaskan tentang syarat top up pinjaman kredit usaha rakyat BRI. Dimana pihak perbankan Bank Rakyat Indonesia memberikan syarat serta ketentuan umum terkait top up KUR sebagai berikut.

  • Angsuran KUR BRI telah berjalan setidaknya 6 bulan (tidak bisa dipercepat).
  • Cicilan KUR BRI harus selalu dibayar tepat waktu atau tidak pernah terlambat sekalipun.
  • Tidak mempunyai pinjaman apa pun selain KUR BRI.
  • Tujuan top up pinjaman KUR harus sebagai tambahan modal (bukan kebutuhan konsumtif ataupun multiguna).
  • Apabila jumlah top up KUR lebih besar, harus menyertakan agunan atau jaminan tambahan.
  • Jika dibutuhkan dokumen penunjang lain, maka harus disertakan saat mengajukan top up.
  • Bila pengajuan adalah top up gabungan, maka pelunasan angsuran lama sebaiknya dikonsultasikan pada petugas terlebih dahulu.

Di atas adalah gambaran mengenai syarat dan ketentuan top up KUR BRI, sedangkan terkait dokumen persyaratan tidak jauh berbeda dari Syarat KUR BRI ketika pengajuan pertama, yaitu:

  • Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Copy Kartu Keluarga (KK).
  • Copy Akte Nikah.
  • Surat Izin Usaha kelurahan/desa atau SKU/SIUP/NIB.
  • Copy NPWP.
  • Copy jaminan (BPKB/sertifikat tanah) dan PBB.
  • Pas foto ukuran 4×6 suami & istri (2 lembar).
Baca  14 Tabel Angsuran Kredit BKK 2022 : Jumlah Pinjaman, Tempo & Biaya

Selain itu, apabila usaha Anda berkaitan dengan marketplace ataupun ride hailing maka wajib menyertakan surat keterangan dari perusahaan terkait.

Biaya Top Up KUR BRI

Biaya Top Up Kur Bri

Biaya top up KUR sebenarnya tidak jauh berbeda dari biaya ketika awal pengajuan KUR Bank Rakyat Indonesia. Artinya Anda tidak perlu membayar biaya apapun karena baik itu biaya administrasi maupun provisi tidak dibebankan pada seorang pengguna (gratis). Sementara besarnya bunga KUR BRI hasil tambah plafon akan mengikuti perjanjian pinjaman KUR saat pengajuan pertama.

Cara Top Up KUR BRI

Setelah paham dengan informasi dasar di atas, maka nasabah perlu tahu cara mengajukan top up pinjaman KUR BRI. Dimana langkah terkait cara top up kredit modal usaha BRI diantaranya adalah:

1. Kunjungi Salah Satu Kantor Cabang BRI

Langkah pertama dalam cara tambah plafon KUR BRI adalah mengunjungi salah satu kantor cabang BRI. Dimana sebaiknya di kantor Anda membuat permohonan KUR pertama.

1 Kunjungi Salah Satu Kantor Cabang Bri

2. Temui Costumer Service BRI

Selanjutnya temui salah satu petugas customer service (CS) kantor tersebut. Sekali lagi dalam melakukan cara top up KUR akan lebih baik bila menemui petugas yang melayani saat pengajuan awal KUR dulu.

2 Temui Costumer Service Bri

3. Konsultasi Perihal Top Up KUR

Setelah menemui petugas CS, konsultasi terlebih dahulu terkait jenis top up terbaik yang bisa Anda gunakan.

3 Konsultasi Perihal Top Up Kur

4. Berikan Dokumen Persyaratan KUR BRI

Bila sudah menemukan pilihan top up BRI terbaik, maka cara selanjutnya adalah memberikan dokumen persyaratan agar diproses lebih lanjut oleh pihak analis Bank Rakyat Indonesia.

4 Berikan Dokumen Persyaratan Kur Bri

Setelah semua cara di atas selesai, artinya tinggal menunggu kabar dari pihak BRI terkait diterima atau tidaknya pengajuan top up BRI.

Call Center BRI

Call Center Bri 1

Bila masih butuh informasi tambahan seputar cara tambah plafon KUR BRI, maka debitur bisa langsung menghubungi pihak BRI melalui layanan call center. Berikut adalah beberapa kontak call center BRI yang bisa dihubungi apabila ingin bertanya seputar cara top up.

  • Telepon : 14017 atau 1500017.
  • Email : callbri@bri.co.id
  • Facebook : @BRIofficialpage
  • Twitter : @kontakbri
  • Instagram : @bankbri_id

Akhir Kata

Demikian uraian Mastermanifestors terkait cara top up KUR BRI beserta informasi penting lainnya. Semoga bisa menambah ilmu bagi seluruh nasabah BRI serta menjadi referensi bagi semua pengguna KUR BRI.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.