Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Kartu Kredit Terblokir

Kartu Kredit Terblokir

Kartu Kredit Terblokir – bisa terjadi kapanpun serta dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti alasan keamanan ataupun karena faktor alami manusia, yaitu sifat lupa.

Jika dilihat melalui kacamata pengguna, pemblokiran kartu kredit tentu merupakan sebuah batu pengganjal dalam transaksi. Contohnya jika kartu kredit dalam kondisi terblokir, maka Anda tidak bisa berbelanja di marketplace online.

Padahal jika dilihat lebih jauh, kartu terblokir umumnya disebabkan oleh keteledoran pemiliknya. Dimana seringkali pengguna kartu kerdit lupa PIN pribadi miliknya.

Namun selain PIN, masih ada faktor lain penyebab kartu kredit terblokir. Karena itu di sini mastermanifestors akan membahas mengenai penyebab, cara mengatasi, hingga biaya mengembalikan kartu kredit yang diblokir sistem bank.

Jenis Pemblokiran Kartu Kredit

Jenis Pemblokiran Kartu Kredit

Sebelum menjelaskan penyebab atau alasan kenapa kartu kredit bisa sampai diblokir oleh sistem, mastermanifestors akan menjelaskan terlebih dulu jenis pemblokiran kartu kredit.

Perlu diketahui bahwa pemblokiran kartu kredit bisa memiliki 2 (dua) jenis, yaitu blokir permanen dan blokir sementara.

Blokir Sementara

Pemblokiran Sementara

Blokir sementara pada kartu kredit atau KK adalah kondisi dimana kartu kredit tidak bisa digunakan untuk jangka waktu singkat. Artinya seluruh layanan maupun fitur tak bisa digunakan selama masa pemblokiran belum selesai.

Blokir Permanen

Blokir Permanen

Sedangkan blokir permanen merupakan kebijakan bank untuk mematikan kartu kredit selamanya. Artinya Anda sudah tidak dapat mengaktifkan kembali kartu kredit tersebut, apalagi menggunakannya dalam transaksi. Blokir permanen dapat menjadi alasan transaksi kartu kredit tidak bisa di Shopee.

Penyebab Kartu Kredit Terblokir

Penyebab Kartu Kredit Terblokir

Setelah memahami kondisi blokir pada kartu kredit di atas, selanjutnya Anda perlu memahami tentang penyebab atau alasannya. Berikut adalah daftar sebab kondisi itu:

1. Terblokir Karena Salah PIN

Terblokir Karena Salah Pin

Penyebab pertama serta menjadi alasan paling adalah salah memasukkan PIN kartu kredit. Bank di Indonesia seperti Mandiri, BNI, BRI, BCA, BTN, Mega, serta CIMB Niaga memiliki ketentuan, jika pengguna memasukkan PIN yang salah sebanyak 3 kali maka terblokirnya kartu kredit secara otomatis tak dapat dihindarkan.

2. Terblokir Karena Lupa PIN

Terblokir Karena Lupa Pin

Melihat pada penyebab pertama di atas, terjadinya kartu kredit terblokir mungkin disebabkan oleh penggunanya lupa dengan PIN. Karena ketika lupa pastinya Anda akan memasukkan PIN yang salah.

Tapi kartu kredit terblokir karena salah serta lupa PIN hanya akan dikenai pemblokiran sementara saja. Selain itu, jika dilihat maka lupa PIN paling mungkin terjadi karena kartu kredit lama tak dipakai.

3. Kartu Kredit Lama Tidak Digunakan

Kartu Kredit Lama Tidak Digunakan

Penyebab lainnya adalah kartu kredit lama tidak dipakai. Saat lama tidak dipakai mungkin Anda suda lupa dengan urusan PIN. Selain itu, jika kartu kredit lama tidak dipakai bisa jadi habis masa aktifnya.

Dengan kata lain Anda dianggap sudah tidak menggunakan kartu kredit. Karena lama tak digunakan, mungkin saja pengguna lupa tidak membayar biaya kartu kredit tahunan.

4. Terblokir Karena Telat Bayar Tagihan

Terblokir Karena Telat Bayar Tagihan

Telat bayar tagihan secara berturut-turut juga masuk dalam penyebab kartu kredit terblokir. Pihak bank biasanya mengirim pemberitahuan terlebih dulu bahwa kartu kredit memiliki tunggakan.

Pengguna masih diberi waktu untuk melunasi tagihan agar kartunya tak terblokir. Namun jika tak segera dilunasi, maka bank akan menonaktifkan kartu kredit selamanya.

Selanjutnya Anda akan diminta melunasi seluruh kredit tersisa beserta bunganya. Efek buruk lain pemblokiran karena tunggakan tagihan adalah masuk black list Bank Indonesia. Sehingga kedepannya Anda akan kesulitan mendapatkan layanan perbankan.

Cara Mengatasi Kartu Kredit Terblokir

Cara Mengatasi Kartu Kredit Terblokir

Apabila kartu kredit terblokir sementara, masih bisa diaktifkan kembali asalkan belum melampaui batas waktu tertentu. Berikut adalah cara-cara mengatasi terblokirnya KK.

1. Mengaktifkan Kartu Kredit

Mengaktifkan Kartu Kredit

Cara pertama untuk mengatasi kartu kredit terblokir terutama terblokir sementara adalah dengan membuka blokiran tersebut. Biasanya bank memberi waktu selama 1×24 jam bagi pengguna memprosesnya.

Pengguna kartu kredit harus menghubungi bank penerbit via call center atau datang langsung ke kantor cabang untuk membuka blokir atau istilah lainnya mengaktifkan kembali kartu kredit.

Call center atau CS bank akan menanyakan beberapa pertanyaan pribadi untuk memastikan bahwa Anda benar-benar pemilik kartu tersebut. Jika berhasil maka kartu kredit akan diaktifkan kembali.

2. Pembuatan Ulang Kartu Kredit

Pembuatan Ulang Kartu Kredit

Jika sudah terblokir secara permanen, Anda masih bisa memiliki kartu kredit yaitu dengan cara membuat kembali melalui proses pengajuan. Namun cara ini hanya bisa dipakai apabila seseorang tidak masuk dalam blacklist BI.

Syarat dan Biaya Mengaktifkan Kembali Kartu Kredit

Syarat Dan Biaya Mengaktifkan Kembali Kartu Kredit

Syarat

Beberapa syarat agar kartu kredit bisa aktif kembali adalah KTP dan wujud fisik kartu kredit. Selanjutnya pergilah ke CS bank atau menelepon call center untuk memproses pengaktifan kembali.

Biaya Mengaktifkan di Bank

Biasanya proses ini tidak membutuhkan biaya, namun untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda menyiapkan uang cash sebesar Rp. 50.000. Apabila CS tidak memintanya artinya pihak bank menggratiskan layanan itu.

Biaya Mengaktifkan Via Call Center

Jika mengaktifkan kembali kartu kredit melalui call center maka pengguna hanya dikenakan tarif menelepon saja. Tarif di sini berbeda-beda sesuai dengan provider Anda, jadi siapkan pulsa setidaknya sebesar Rp. 25.000 sebelum menelepon.

FAQ

1. Berapa kali telat bayar sampai kartu kredit terblokir?

Umumnya 3 kali tagihan (3 bulan), tapi ada beberapa bank yang hanya memperbolehkan telat bayar tagihan maksimal 1 bulan.

2. Apa kartu kredit tambahan bisa dipakai jika kartu utama terblokir?

Tidak, namun sebaliknya jika kartu tambahan yang terblokir maka kartu utama masih bisa dipakai.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mastermanifestors mengenai kondisi kartu kredit yang terblokir. Sebenarnya pemblokiran adalah upaya keamanan kartu kredit agar tidak digunakan secara sembarangan oleh orang lain.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *