Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Penangguhan KPR BTN Syarat & Cara Pengajuan Online 2021

Penangguhan KPR BTN

Penangguhan KPR BTN – akan memberikan ulasan mulai dari syarat hingga cara pengajuan restrukturisasi cicilan BTN. Dimana sekarang ini pihak Bank Tabungan Negara (BTN) menyediakan layanan keringanan angsuran kredit pemilikan rumah (KPR) bagi para nasabahnya.

Memiliki angsuran dalam jumlah cukup besar seperti KPR tentunya sangat sulit dijalani apabila kondisi pendapatan sedang turun. Hal ini membuat pihak bank perlu memperhatikan secara seksama serta mencari solusi agar nasabahnya tidak mengalami kerugian.

Sebagai salah satu penyedia pelayanan KPR di Indonesia, BTN tentunya berusaha semaksimal mungkin agar KPR bisa tetap berjalan dalam kondisi seperti sekarang ini. Oleh karena itu bank BTN mengeluarkan keringanan KPR dalam bentuk penangguhan angsuran.

Pada kesempatan kali ini, Mastermanifestors akan memberikan ulasan mengenai penangguhan KPR Bank Tabungan Negara beserta syarat dan cara pengajuan. Pembahasan lengkap seputar restrukturisasi KPR BTN bisa Anda simak langsung di uraian berikut ini.

Apa Itu Penangguhan KPR

Apa Itu Penangguhan KPR

Ulasan kali ini akan penulis awali dari pengertian apa itu penangguhan cicilan KPR. Dimana penangguhan KPR BTN merupakan layanan keringanan cicilan KPR bagi nasabah BTN yang mengalami penurunan pemasukan karena kondisi khusus tertentu (contoh : pandemi, bencana alam).

Bentuk penangguhan KPR sendiri bisa dalam bentuk beberapa jenis, yakni :

  • Suku bunga angsuran KPR diturunkan.
  • Penambahan tenor / jangka waktu KPR.
  • Pengurangan tunggakan pokok/bunga KPR.

Nantinya jika pihak BTN menyetujui penangguhan, maka Anda akan menerima informasi tentang bentuk penangguhan yang akan diberikan.

Syarat Penangguhan KPR BTN

Syarat Penangguhan KPR BTN

Bahasan berikutnya terkait penangguhan KPR tentunya adalah terkait syarat mengajukan penangguhan. Dimana bank BTN mempunyai beberapa syarat agar seorang nasabah bisa mengajukan penangguhan diantaranya adalah:

  • KPR BTN memiliki plafon kurang dari Rp. 500.000.000.
  • Mempunyai riwayat pembayaran KPR lancar.
  • Kendala keuangan terjadi setelah adanya kondisi khusus bukan karena alasan pribadi.
  • Bersedia menyediakan nomor kontak (telepon/Whatsapp & email aktif).

Selain syarat di atas, agar penangguhan KPR diproses oleh BTN Anda harus mempersiapkan beberapa dokumen atau berkas persyaratan. Dimana dokumen persyaratan penangguhan KPR Bank Tabungan Negara yakni:

  • Scan/foto KTP pengguna KPR BTN.
  • Scan/foto formulir permohonan.
  • Scan/foto penghasilan atau slip gaji terbaru.
  • Scan/foto formulir pernyataan.
  • Foto selfie debitur KPR BTN memegang KTP.
  • Mempunyai NPWP atau bersedia membuat NPWP.

Jika seluruh dokumen sudah lengkap artinya nasabah siap untuk mengajukan penangguhan BTN baik secara online maupun offline.

Download Formulir Penangguhan KPR

Seperti sudah disinggung di atas bahwa debitur perlu menyiapkan beberapa formulir agar bisa membuat pengajuan penangguhan BTN. Oleh karena itu, di sini penulis akan menyediakan file formulir restrukturisasi KPR BTN. Silakan klik tombol unduh jika Anda ingin mendownload file-file di bawah ini.

Seluruh dokumen penangguhan BTN harus dalam bentuk foto atau scan yang terlihat serta terbaca dengan jelas.
– Menggunakan materai terbaru & ditandatangani secara penuh.
– Ukuran hasil scan/foto maksimal 1 MB.

Cara Pengajuan Penangguhan BTN Online

Jika nasabah tidak dapat melakukan pengajuan melalui proses offline di kantor cabang terdekat, maka bisa mencoba mengajukan penangguhan BTN secara online. Cara pengajuan penangguhan kredit BTN sistem online memiliki langkah sebagai berikut.

1. Kunjungi Website Resmi BTN

Langkah pertama untuk mengajukan penangguhan adalah mengunjungi website resmi restrukturisasi online BTN yakni melalui link https://rumahmurahbtn.co.id/berita/detail/10/restrukturisasi-online-kredit-konsumer-bank-btn

1. Kunjungi Website Resmi BTN

2. Isi Data Diri Pengguna KPR BTN

Berikutnya scroll ke bagian bawah website, lalu isilah data diri pengguna KPR BTN seperti nama, kantor cabang KPR, nomor rekening, nomor telepon, email & pekerjaan sesuai dengan kolom tersedia.

2. Isi Data Diri Pengguna KPR BTN

3. Masukkan Dokumen Pengajuan Penangguhan KPR BTN

Selanjutnya masukkan dokumen pengajuan penangguhan KPR BTN yaitu KTP, form permohonan, form penghasilan & selfie.

3. Masukkan Dokumen Pengajuan Penangguhan KPR BTN

4. Tekan Tombol Ajukan

Setelah itu tuliskan alasan permohonan penangguhan KPR menggunakan bahasa indonesia yang baik & benar, lalu terakhir klik tombol Ajukan.

4. Tekan Tombol Ajukan

CATATAN!
Setelah proses online selesai, semua dokumen asli (bukan foto/scan) harus dikirimkan ke kantor cabang BTN terkait sebagai tanda bukti pengajuan penangguhan.

Call Center BTN

Call Center BTN

Sebelum menutup pembahasan kali ini, penulis hendak memberikan data kontak call center BTN. Dimana bila Anda masih memiliki pernyataan mengenai penangguhan cicilan BTN ataupun perihal terkait lainnya dapat ditanyakan secara langsung kepada pihak bank melalui call center.

Akhir Kata

Itulah penjelasan seputar pengertian, syarat hingga cara pengajuan penangguhan KPR BTN dari Mastermanifestors. Semoga penjelasan terkait restrukturisasi KPR BTN di atas mampu menjadi bahan acuan bagi seluruh nasabah KPR BTN.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Syarat KPR Rumah Subsidi

Andra
2 min read

Tabel Angsuran KPR BJB 2021

Andra
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *