Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

4 Tabel Angsuran KUR Bank Nagari 2022 : Syarat, Bunga & Biaya

Tabel Angsuran KUR Bank Nagari – membahas mengenai perihal penting terkait kredit usaha UMKM dari bank BPD daerah Sumatera Barat yakni Bank Nagari. Dimana nasabah bank Nagari bisa mengajukan pinjaman dana untuk pengembangan atau pendirian UMKM.

Seperti sebagian besar provinsi di Indonesia, Sumatera Barat atau Sumbar merupakan salah satu daerah yang sudah mempunyai BPD miliknya sendiri yakni Bank Nagari. Maka sudah dapat dipastikan bahwa layanan bank Nagari tentu difokuskan pada pengembangan masyarakat Sumbar.

Dari berbagai jenis pelayanan di bank Nagari, KUR adalah salah satu layanan pinjaman dengan jumlah peminat paling banyak. Dimana dana KUR bank Nagari bisa digunakan oleh para pengguna sebagai modal produksi maupun investasi dalam bentuk sarana dan prasarana.

Data seputar angsuran seperti tabel, syarat, bunga hingga biaya pengajuan KUR bank Nagari sangatlah dibutuhkan warga Sumbar. Oleh karena itu, di sini Mastermanifestors akan membahas berbagai ketentuan serta tabel angsuran KUR bank Nagari.

Jenis KUR Bank Nagari

Jenis Kur Bank Nagari

Bahasan pertama terkait tabel angsuran KUR bank Nagari adalah mengenai jenisnya. Dimana untuk tahun ini pihak bank Nagari membagi layanan KUR miliknya menjadi 2 (dua) jenis yaitu:

1. KUR Reguler

KUR reguler merupakan pilihan pinjaman UMKM utama di bank Nagari, dimana nasabahnya dapat mengajukan dana hingga senilai Rp. 50.000.000 ataupun terkadang lebih. Dimana hal tersebut dipengaruhi oleh jaminan yang digunakan oleh nasabah KUR bank Nagari.

Semakin besar harga jual agunan, maka makin besar pula plafon angsuran KUR bank Nagari didapat. Sebaliknya, bila Anda hanya menggunakan usaha sebagai jaminan, besar kemungkinan akan mendapatkan plafon kecil di KUR bank Nagari.

Sementara pada urusan tenor atau jangka waktu angsuran, KUR bank Nagari ini memberikan pilihan cicilan hingga selama 4 tahun (KMK) serta 5 tahun (KI). Artinya tenor angsuran KUR bank Nagari akan disesuaikan dengan penggunaan dana.

2. KUR Super Mikro

Jenis KUR bank Nagari berikutnya adalah KUR super mikro, yakni KUR dengan ukuran plafon sangat kecil namun tenor angsurannya besar. KUR super mikro bank Nagari mempunyai ketentuan plafon angsuran maksimal Rp. 10.000.000 serta tenor angsurannya selama 3 tahun (KMK) serta 5 Tahun (KI).

Baca  √ 4 Cara Top Up KUR Mandiri 2022 : Jenis, Syarat & Biaya

Salah satu kelebihan utama dari KUR super mikro bank Nagari adalah adanya layanan perpanjangan tenor angsuran. Dimana lamanya cicilan KUR super mikro bank Nagari bisa menjadi 4 tahun (KMK) serta 7 tahun (KI).

Maka bisa dikatakan bahwa KUR super mikro bank Nagari sangat cocok bagi nasabah yang hendak membuat UMKM baru disaat sudah memiliki bisnis produktif lainnya.

Syarat KUR Bank Nagari

Syarat KUR Bank Nagari

Selanjutnya penulis akan memberikan info mengenai syarat mengajukan angsuran KUR bank Nagari. Dimana untuk tahun ini, bank Nagari mempunyai ketentuan serta syarat pengajuan KUR sebagai berikut.

  • WNI Sumatera Barat serta berdomisili di area pelayanan bank Nagari.
  • Memiliki usaha UMKM produktif yang telah berjalan sekurang-kurangnya 6 bulan.
  • Bisnis telah mempunyai surat keterangan resmi.
  • Tidak sedang menerima KUR perbankan lain.
  • Tidak masuk daftar hitam BI (SLIK OJK).
  • Memiliki jaminan selain usaha jika menginginkan plafon besar.
  • Syarat khusus KUR super mikro
    – Belum pernah menerima layanan KUR dari bank manapun.
    – Berdirinya usaha belum mencapai 6 bulan.
    – Sedang/telah ikut program pendampingan UMKM (formal/informal).
    – Sedang/telah ikut pelatihan kewirausahaan.
    – Menjadi anggota kelompok usaha.
    – Mempunyai anggota keluarga yang sudah mempunyai usaha produktif & layak.
    – Tidak perlu jaminan apapun.

Selain syarat di atas, Anda juga perlu mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan bila hendak mengajukan KUR bank Nagari. Dimana berkas persyaratan untuk membuat pengajuan angsuran KUR bank Nagari adalah:

  • Aplikasi permohonan KUR Bank Nagari telah diisi penuh serta ditandatangani.
  • Fotocopy KTP pemohon & pasangan.
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK).
  • Fotocopy buku nikah/cerai.
  • Pas foto berwarna pemohon & pasangan (4×6 masing-masing 2 lembar).
  • Foto usaha jaminan minimal 2 (dua) lembar.
  • Surat Keterangan Usaha paling tidak dari desa/kelurahan atau SIUP/NIB.
  • Fotocopy bukti kepemilikan agunan.
  • Fotocopy buku tabungan Bank Nagari.

Jika seluruh dokumen telah terpenuhi, barulah nasabah bisa melakukan pengajuan KUR bank Nagari melalui cara offline yakni dengan datang ke salah satu kantor cabang terdekat.

Bunga KUR Bank Nagari

Bunga KUR Bank Nagari

Perihal terkait tabel angsuran berikutnya adalah bunga layanan KUR bank Nagari. Dimana pihak bank Nagari memiliki keputusan terkait besaran bunga angsuran KUR tahun ini seperti pada tabel di bawah.

Jenis KUR Bank NagariSuku Bunga
KUR Reguler6-9,75% per tahun
KUR Super Mikro6-11,75% per tahun

Dari tabel di atas bisa diketahui bahwa besarnya bunga angsuran KUR bank Nagari termasuk kompetitif, yakni mengikuti ketentuan dasar pemerintah minimal 6%. Selain itu, jika dibandingkan dengan layanan Pinjaman Bank Sumut maka akan terlihat jelas kalau bunga KUR bank Nagari memang kecil.

Baca  5 Tabel Angsuran KUR Bank Sumsel Babel 2022 : Syarat, Bunga & Biaya

Biaya KUR Bank Nagari

Biaya KUR Bank Nagari

Tak kalah penting dari suku bunga, berikutnya penulis akan membahas mengenai biaya KUR bank Nagari. Dimana ketentuan dari pihak bank Nagari terkait besarnya biaya pengajuan angsuran KUR bisa dilihat pada tabel berikut.

Jenis KUR Bank NagariBiaya AdministrasiBiaya Provisi
KUR Reguler0,5-1%
KUR Super Mikro0,5-1%

Berdasarkan tabel di atas bisa dikatakan bahwa biaya pengajuan KUR bank Nagari tergolong cukup besar karena dihitung berdasarkan persentase. Bahkan jika dibandingkan dengan KUR BPD di Indonesia lain seperti KUR Bank Kalteng maka biaya KUR bank Nagari masih termasuk besar.

Kelebihan dan Kekurangan KUR Bank Nagari

Kelebihan Dan Kekurangan Kur BPD Sumatera Barat

Jika melihat pada ketentuan di atas, maka KUR bank Nagari mempunyai beberapa kelebihan serta kekurangan. Dimana beberapa kelebihan serta kekurangan KUR bank Nagari berikut ini bisa Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan tambahan.

Kelebihan

  • Plafon cukup besar.
  • Tenor angsuran lama.
  • Jangka waktu angsuran bisa ditambah.
  • Bunga kompetitif.
  • Menyediakan fitur simulasi angsuran resmi.

Kekurangan

  • Biaya pengajuan tergolong besar.
  • Syarat cukup banyak, terutama untuk jenis KUR super mikro.

Tabel Angsuran KUR Bank Nagari

Seperti telah disinggung di atas bahwa penulis akan membagikan informasi mengenai tabel angsuran KUR bank Nagari. Berikut adalah beberapa tabel angsuran KUR bank Nagari yang bisa Anda gunakan sebagai bahan referensi ketika akan menggunakan layanan KUR BPD Sumbar.

Tabel Angsuran Kur Bank Nagari 1
Tabel Angsuran Kur Bank Nagari 2
Tabel Angsuran Kur Bank Nagari 3
Tabel Angsuran Kur Bank Nagari 4

Seluruh ketentuan seputar KUR Bank Nagari di atas dapat berubah sewaktu-waktu bila pihak BPD mengeluarkan regulasi baru.

Simulasi Angsuran KUR Bank Nagari

Jika tabel angsuran di atas masih dirasa kurang, maka calon pengguna KUR bank Nagari tidak perlu khawatir karena masih ada fitur simulasi angsuran. Dimana cara simulasi angsuran KUR bank Nagari dapat dilihat pada tutorial berikut ini.

1. Kunjungi Website Resmi Simulasi KUR Bank Nagari

1 Kunjungi Website Resmi Simulasi Kur Bank Nagari V2

Langkah pertama untuk simulasi angsuran KUR bank Nagari adalah mengunjungi website resminya pada link https://www.banknagari.co.id/nform/Kalkulator.

2. Masukkan Data Simulasi Angsuran

2 Masukkan Data Simulasi Angsuran

Selanjutnya langsung masukkan saja data simulasi angsuran KUR bank Nagari sesuai keinginan Anda, lalu tekan tombol Hitung.

3. Simak Hasil Simulasi Angsuran KUR

3 Simak Hasil Simulasi Angsuran Kur

Terakhir simaklah langsung hasil simulasi angsuran KUR bank Nagari pada bagian bawah layar.

Call Center Bank Nagari

Call Center Bank Nagari

Apabila Anda masih menginginkan info lebih lanjut seputar tabel angsuran KUR bank Nagari, maka bisa bertanya secara langsung ke pihak bank melalui call centernya. Dimana call center bank Nagari bisa dihubungi melalui beberapa kontak berikut.

  • Nomor Telepon : 0751 24444
  • Email : sekper@banknagari.co.id
  • Facebook : @banknagaribpdsumbar
  • Twitter : @banknagaribpdsb
  • Instagram : @banknagaribpdsumbar

Akhir Kata

Demikian bahasan Mastermanifestors mengenai tabel angsuran KUR bank Nagari beserta berbagai hal penting lainnya. Semoga mampu menjadi bahan acuan dan menambah wawasan bagi semua nasabah bank BPD Sumatera Barat yakni Bank Nagari.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.