Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

6 Tabel Angsuran Pinjaman PNM Ulamm : Jenis, Syarat & Bunga 2022

Tabel Angsuran Pinjaman PNM Ulamm

Tabel Angsuran Pinjaman PNM Ulamm – membahas mengenai layanan pinjaman modal usaha serupa KUR dari badan usaha milik negara (BUMN) non-bank yakni Permodalan Nasional Madani (PNM). Dimana salah satu jenis layanan PNM bernama PNM Ulamm.

Memiliki usaha lancar merupakan dambaan setiap warga masyarakat, namun sayangnya hal itu terkadang terkendala masalah modal. Salah satu solusi penambahan modal bisnis terutama UMKM yaitu dengan mengajukan pinjaman ke bank ataupun lembaga lain seperti PNM. Dimana cara untuk tahu info seputar pinjaman PNM Ulamm adalah dengan membaca tabel angsuran.

Meskipun telah menyediakan pinjaman Ulamm dalam kurun waktu cukup lama, namun beberapa orang masih kesulitan mendapat informasi tentang tabel angsuran pinjaman PNM Ulamm. Oleh sebab itu perlu adanya pembahasan mengenai tabel pinjaman PNM Ulamm.

Demi mengatasi kekurangan informasi tersebut, maka Mastermanifestors hendak memberi ulasan seputar tabel angsuran pinjaman PNM Ulamm beserta info lain mulai dari jenis pinjamannya, suku bunga, biaya, syarat pengajuan hingga kontak call center PNM.

Apa Itu PNM Ulamm?

Sebelum membahas mengenai tabel angsurannya, terlebih dulu Anda perlu memahami pengertian apa itu PNM Ulamm. Dimana berdasarkan ketentuan perusahaan Permodalan Nasional Madani, PNM Ulamm merupakan singkatan dari Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM).

Artinya PNM Ulamm adalah sebuah layanan pinjaman modal usaha non-perbankan yang ditujukan pada para wirausaha dengan skala usaha mikro, kecil serta menengah (UMKM). Dengan demikian maka PNM Ulamm dapat dipahami sebagai pinjaman serupa KUR tapi tidak diberikan oleh bank.

serum wajah

Salah satu perbedaan utama pinjaman PNM Ulamm bila dibandingkan dengan KUR perbankan terletak pada pembinaan serta pendampingan pihak PNM. Sehingga selain mendapatkan bantuan pembiayaan modal usaha, nasabah PNM Ulam nantinya dibimbing dalam menjalankan bisnisnya.

Jenis Pinjaman PNM Ulamm

Selanjutnya penulis hendak menjelaskan mengenai jenis layanan PNM Ulamm. Dimana untuk saat ini, pihak PNM membagi pelayanan PNM Ulamm menjadi 2 (dua) jenis, yakni PNM Ulamm konvensional (biasa) dan PNM Ulamm Syariah.

Baca  √ 3 Kredit Mobil Syariah : Biaya, Tabel & Simulasi 2022

1. PNM Ulamm Konvensional

PNM Ulamm konvensional atau biasa merupakan pinjaman modal usaha UMKM dengan plafon hingga sebesar Rp. 750.000.000 serta tenor angsuran mulai dari 12-48 bulan (1-4 tahun). Dimana sistem PNM Ulamm konvensional memiliki bunga angsuran atau kredit.

2. PNM Ulamm Syariah

Jenis pinjaman PNM Ulamm berikutnya adalah PNM Ulamm Syariah, yakni pinjaman modal usaha UMKM dengan besaran plafon yang disesuaikan kepada kemampuan serta kebutuhan nasabah. Tenor angsuran PNM Ulamm syariah sendiri tidak berbeda dari jenis biasa, yakni dari 12-48 bulan (1-4 tahun).

Selain berbeda dalam besarnya plafon pinjaman, PNM Ulamm ini menggunakan akad syariah dan tidak memiliki sistem bunga tapi berbentuk bagi hasil sehingga risiko kredit ditanggung sepenuhnya oleh peminjam tapi juga pihak PNM. Namun sebagai ganti adanya risiko tersebut, PNM Ulamm ini tidak menyalurkan dana secara penuh pada pengguna (pinjaman bertahap).

Bunga dan Biaya Angsuran PNM Ulamm

Seperti telah disinggung di atas bahwa suku bunga hanya terdapat PNM Ulamm konvensional saja, tapi PNM Ulamm Syariah masih memiliki ketentuan bagi hasil. Silakan simak tabel berikut untuk mengetahui ketentuan bunga serta biaya angsuran PNM Ulamm.

Jenis Pinjaman PNM UlammSuku BungaBiaya Angsuran
PNM Ulamm Konvensional5-7% per tahun
PNM Ulamm SyariahSesuai Kesepakatan Bersama (Perjanjian)

Jika dilihat pada tabel di atas, maka terlihat bahwa pinjaman PNM Ulam mempunyai suku bunga lebih besar dibandingkan dengan KUR perbankan. Padahal untuk sekarang ini, pihak bank seperti BNI sudah menyediakan KUR bunga kecil 3%, yakni KUR Prakerja BNI.

Syarat Pengajuan Pinjaman PNM Ulamm

Selanjutnya info penting lain terkait tabel pinjaman PNM Ulamm adalah syarat pengajuan angsuran. Dimana berdasarkan ketentuan pihak PNM, syarat umum mengajukan angsuran pinjaman PNM Ulamm diantaranya adalah :

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) & bertempat tinggal di area pelayanan PNM.
  • Sudah memasuki usia 21 tahun (minimal) & 65 tahun (maksimal).
  • Telah mempunyai usaha UMKM yang berjalan setidaknya selama 12 bulan (1 tahun).
  • Usaha UMKM mempunyai data keuangan lengkap.
  • Bersedia untuk disurvei kelayakan bisnis oleh pihak PNM.

Selain syarat di atas, proses mengajukan angsuran pinjaman PNM Ulam membutuhkan beberapa berkas atau dokumen. Berikut adalah daftar berkas persyaratan mengajukan angsuran pinjaman PNM Ulamm.

  1. Copy data diri
    • KTP suami & istri
    • Kartu keluarga (KK)
    • Kutipan nikah/cerai
  2. Copy data usaha
    • Surat Keterangan Usaha (SKU)/SIUP/NIB
    • Rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir
    • Pajak Bumi & Bangunan (PBB) terakhir
  3. Copy dokumen lain
    • NPWP (wajib bila plafon lebih dari Rp. 50 juta).
    • Surat jaminan seperti sertifikat tanah/rumah (SHM/SHGB) dan BPKB kendaraan
Baca  8 Cara Perhitungan Pelunasan Kredit Dipercepat BRI Simulasi & Tips

Dari beberapa dokumen persyaratan angsuran pinjaman PNM Ulamm di atas, untuk bagian surat jaminan nantinya disesuaikan pada besarnya jumlah plafon pinjaman. Jika pengajuan angsuran pinjaman PNM Ulamm tidak terlalu besar, maka bisa tanpa agunan.

Seluruh ketentuan terkait pinjaman PNM Ulamm di atas bisa berubah sewaktu-waktu bila pihak PNM menerbitkan kebijakan baru.

Tabel Angsuran Pinjaman PNM Ulamm

Sesuai judul artikel kali ini tentunya penulis akan berbagi informasi seputar tabel angsuran pinjaman PNM Ulamm. Dimana tabel angsuran pinjaman PNM Ulamm di bawah penulis dapatkan dari berbagai sumber kantor cabang PNM.

Tabel Angsuran Pinjaman PNM Ulamm 1
Ulamm 1
Ulamm 2
Tabel Angsuran Pinjaman 2 PNM Ulamm
Ulamm 3
Tabel PNM Ulamm

Untuk mendapatkan tabel angsuran pinjaman PNM Ulam di daerah Anda masing-masing, silakan kontak kantor cabang PNM terdekat. Cara mengetahui kantor PNM terdekat adalah dengan mencarinya di website resmi yakni https://www.pnm.co.id/pages/office?optradio=1.

Kelebihan dan Kekurangan Angsuran PNM Ulamm

Jika penjelasan seputar tabel angsuran PNM Ulamm di atas belum memenuhi kebutuhan informasi Anda, maka silakan baca daftar kelebihan serta kekurangan angsuran pinjaman PNM Ulamm berikut.

Kelebihan

  • Menyediakan pinjaman biasa & syariah.
  • Plafon & tenor pinjaman tergolong besar.
  • Area pelayanan pinjaman PNM tersebar luas.
  • Nasabah mendapat pendampingan bisnis.
  • Tidak mengharuskan jaminan.
  • Keamanan pinjaman dijamin karena berupa BUMN.

Kekurangan

  • Suku bunga pinjaman PNM Ulamm cukup besar.
  • Mengharuskan nasabah memiliki bisnis yang berjalan lebih dari setahun.
  • Pinjaman tidak bisa dijadikan sebagai sumber modal awal.

Call Center PNM

Jika masih kesulitan dalam memahami informasi tabel angsuran PNM Ulamm di atas, maka silakan coba bertanya secara langsung kepada pihak PNM agar mendapatkan penjelasan lebih terperinci. Dimana call center PNM bisa dihubungi melalui beberapa kontak berikut.

  • Nomor Telepon : 021-2511404 & 1500654
  • Email : info@pnm.co.id
  • Instagram : @pnm_persero

Akhir Kata

Sekian pembahasan Mastermanifestors tentang tabel angsuran pinjaman PNM Ulamm beserta berbagai perihal pentingnya. Berdasarkan uraian tabel angsuran pinjaman PNM Ulamm di atas maka bisa ditarik kesimpulan bahwa PNM Ulamm menawarkan pinjaman serupa KUR dengan kelebihan pendampingan

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.