Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

17 Syarat Pinjaman Bank Mandiri Untuk Karyawan

Syarat Pinjaman Bank Mandiri Untuk Karyawan

Syarat Pinjaman Bank Mandiri Untuk Karyawan – menjelaskan mengenai syarat umum maupun syarat khusus pada layanan kredit dana tunai bank Mandiri. Dimana bank Mandiri memiliki beberapa jenis pinjaman khusus bagi para nasabah berstatus karyawan negeri maupun swasta.

Pinjaman sebagai salah satu ujung tombak ekonomi bangsa Indonesia tentunya sudah disediakan oleh berbagai bank ataupun perusahaan pinjaman, termasuk pula bank Mandiri. Dari situ seharusnya nasabah tahu bahwa ada ketentuan serta syarat pinjaman bank Mandiri untuk karyawan.

Meski biasanya pihak bank Mandiri telah menjelaskan dengan cukup jelas terkait syarat pinjaman miliknya, namun sebagian debitur merasa kurang memahami hal tersebut. Oleh karena itu perlu ada bahasan tersendiri seputar syarat pinjaman bank Mandiri untuk karyawan.

Maka di kesempatan kali ini, Mastermanifestors hendak memberikan ulasan mengenai syarat pinjaman bank Mandiri untuk karyawan. Dimana pembahasan lengkap seputar persyaratan pinjaman perbankan Mandiri bagi karyawan dapat Anda simak di uraian berikut.

Pengertian Nasabah Mandiri Berstatus Karyawan

Sebelum mulai membahas syarat, perlu digaris bawahi terlebih dulu bahwa pinjaman Mandiri karyawan tersedia bagi karyawan (pegawai) negeri ataupun swasta. Dimana perusahaan swasta dimaksud adalah perusahaan bekerjasama atau menjadi mitra bank Mandiri. Biasanya pihak swasta tersebut telah menyalurkan gaji karyawan lewat bank Mandiri (nasabah payroll Mandiri).

Jenis Pinjaman Mandiri Karyawan

Selanjutnya bahasan akan penulis lanjutkan dengan uraian mengenai jenis pinjaman bank Mandiri yang bisa diajukan oleh seorang nasabah berstatus karyawan. Berikut adalah beberapa jenis atau pilihan pinjaman bank Mandiri untuk karyawan :

1. Pinjaman Mandiri Serbaguna

Pinjaman bank Mandiri untuk karyawan pertama adalah KSM (Kredit Serbaguna Mandiri), yakni pinjaman yang diberi secara khusus kepada pegawai PNS, TNI, POLRI, BUMN, BUMD serta perusahaan swasta mitra Mandiri. Pinjaman bank Mandiri ini memiliki plafon pinjaman tinggi hingga Rp. 1 milyar dan tenor angsuran maksimal 15 tahun, selain itu dana pinjaman serbaguna Mandiri bersifat fleksibel (boleh dipakai untuk kebutuhan konsumtif ataupun produktif).

2. Pinjaman Mandiri Multiguna

Pinjaman Mandiri multiguna merupakan jenis KPR khusus dari bank Mandiri dengan tujuan memberikan kredit yang dapat dipakai untuk memenuhi berbagai kebutuhan konsumtif dengan jaminan sertifikat kepemilikan rumah maupun tanah.

Karena mengharuskan nasabah menyediakan syarat agunan besar, maka pinjaman multiguna Mandiri menyediakan plafon hingga Rp. 10 milyar dengan tenor cicilan paling lama hingga 15 tahun. Pinjaman multiguna Mandiri memiliki fitur take over serta top up.

Selain kedua jenis pinjaman di atas, sebenarnya Anda masih bisa mengajukan pinjaman jenis lain seperti KKB, KPR umum atau KPR bersubsidi Mandiri. Namun karena pemakaian dana pinjaman Mandiri tersebut kurang fleksibel maka tidak disarankan memakainya.

Syarat Pinjaman Bank Mandiri Untuk Karyawan

Berikutnya adalah penjelasan tentang syarat pinjaman bank Mandiri untuk karyawan. Berdasarkan ketentuan pihak Mandiri, syarat umum supaya seorang karyawan atau pegawai bisa membuat pengajuan pinjaman diantaranya yaitu :

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) dengan domisili di Indonesia (dalam jangkauan bank Mandiri).
  2. Sudah memasuki usia produktif 21 tahun & belum pensiun ketika kredit lunas.
  3. Sudah bekerja sebagai karyawan minimal selama 1 tahun (KSM) & 5 tahun (KMM).
  4. Memiliki penghasilan tetap sebesar :
    • Pinjaman serbaguna Mandiri = Rp. 3.000.000
    • Pinjaman multiguna Mandiri = Rp. 5.000.000
  5. Syarat jenjang pekerjaan (khusus pinjaman KMM Mandiri)
    • status nasabah sudah menjadi karyawan / pegawai tetap.
    • jika masih berstatus karyawan kontrak maka wajib memiliki jabatan setidaknya manager / supervisor.

Jika dilihat dari daftar di atas maka pinjaman bank Mandiri KMM memiliki syarat lebih ketat yakni dibagian syarat penghasilan serta syarat jenjang pekerjaan.

Dokumen Pinjaman Mandiri Untuk Karyawan

Selain syarat umum di atas, pihak mandiri masih mempunyai ketentuan terkait syarat berupa dokumen atau berkas pengajuan pinjaman. Dimana syarat dokumen pinjaman bank Mandiri untuk karyawan diantaranya adalah :

  1. Formulir pengajuan sesuai jenis pinjaman (diisi dengan lengkap, benar & wajib ditandatangani nasabah).
  2. Fotokopi KTP pemohon.
  3. Fotokopi KTP pasangan(*).
  4. Fotokopi surat nikah/surat cerai(*).
  5. Fotokopi kartu keluarga terbaru.
  6. Fotokopi rekening koran/tabungan 3 bulan terakhir.
  7. Fotokopi NPWP milik pribadi atau SPT tahunan PPh terakhir.
  8. Fotokopi slip gaji bulanan/surat penghasilan terbaru.
  9. Syarat dokumen khusus KMM :
    • Fotokopi jaminan berupa SHM/SHGB/SHMSRS disertai IMB & PBB.
    • Jaminan boleh diikat secara sepenuhnya oleh bank Mandiri.

Keterangan :
(*) = hanya diperlukan apabila Anda sudah menikah atau telah bercerai.

Apabila dilihat dari syarat dokumen nya, maka pinjaman bank Mandiri untuk karyawan tergolong mudah diajukan. Hal itu karena syarat mengajukan pinjaman Mandiri untuk karyawan cukup mudah didapatkan.

Biaya dan Bunga Pinjaman Mandiri Untuk Karyawan

Membahas tentang syarat pengajuan pinjaman Mandiri untuk karyawan tentu tak dapat lepas dari biaya serta bunga. Oleh karena itu, penulis hendak memberikan gambaran biaya dan bunga pinjaman bank Mandiri untuk karyawan. Dimana data biaya maupun bunga pinjaman Mandiri untuk karyawan bisa disimak pada tabel berikut.

Nama BiayaPinjaman KSM Bank MandiriPinjaman KMM Bank Mandiri
Bunga Pinjaman8,75% per tahun6,99% fix untuk 3 tahun pertama
Biaya Administrasimaksimal Rp.100.000maksimal Rp. 100.000
Biaya Provisi1% plafon pinjaman1% plafon pinjaman
Premi Asuransi JiwaMenyesuaikan Rate

Dari data tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa meskipun syarat maupun persyaratan dokumen pinjaman KSM lebih mudah didapatkan tapi bunga angsuran lebih besar dibandingkan pinjaman KMM bank Mandiri. Apabila Anda hendak memastikan besarnya cicilan pinjaman bank Mandiri untuk karyawan bisa melalui Tabel Angsuran Pinjaman Mandiri.

Call Center Mandiri

Sebelum mengakhiri bahasan kali ini, penulis hendak memberikan arahan bahwa jika Anda masih bingung ataupun ragu apakah seluruh syarat pinjaman untuk karyawan sudah lengkap maka bisa bertanya langsung pada pihak Mandiri. Dimana pertanyaan seputar syarat pinjaman Mandiri untuk karyawan dapat ditanyakan melalui kontak berikut.

  • Telepon : 14000 & (021)-52997777
  • Email : mandiricare@bankmandiri.co.id
  • Facebook : @bankmandiricare
  • Twitter : @mandiricare
  • Telegram : @bankmandiricare

Apabila pihak Mandiri menerbitkan ketentuan baru maka informasi terkait syarat mengajukan pinjaman Mandiri untuk karyawan di atas dapat berubah & tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada nasabah.

Akhir Kata

Demikian kiranya bahasan Mastermanifestors mengenai syarat pinjaman bank Mandiri untuk karyawan negeri maupun karyawan swasta. Dengan menggunakan bahasan di atas sebagai referensi seharusnya Anda telah mampu menentukan jenis pinjaman Mandiri untuk karyawan mana yang hendak diajukan.

Andra Penulis aktif di Mastermanifestors.com yang suka membaca artikel kartu kredit dan dunia perbankan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *